Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi: Bermain PUBG dan Fortnite Bisa Tingkatkan Produktivitas Kerja

Kompas.com - 30/01/2019, 20:02 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Game ber-genre “battle royale” semacam Fortnite dan PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) cenderung membuat ketagihan dan menyita waktu para pemainnya.

Kendati begitu, game yang dimainkan secara kolaboratif itu ternyata dapat meningkatkan kerja sama tim dan produktivitas di kantor. Setidaknya begitu menurut studi anyar yang dikeluarkan Brigham Young University (BYU).

Secara spesifik, BYU berani menyebut bahw  bermain Fortnite, PUBG, atau Halo 4 selama 45 menit saja bisa meningkatkan produktivitas hingga 20 persen.

“Melihat hal ini, utamanya untuk banyaknya waktu yang orang-orang habiskan untuk bermain, kami sedikit terkejut,” kata perwakilan tim peneliti, Greg Anderson.

Baca juga: Agate Studio Kembangkan Bisnis Game untuk Karyawan Perusahaan

“Banyak perusahaan yang selama ini menghabiskan ribuan dollar AS untuk menggelar team-building. Saya berpikir, beli saja (konsol game) Xbox,” ia menambahkan.

Studi BYU menggunakan metode eksperimen, di mana 352 orang yang tak saling kenal satu sama lain dibagi menjadi 80 tim, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (30/1/2019), dari The Inquirer.

Setiap tim diuji dalam beberapa aktivitas, sebelum dan sesudah berpartisipasi sebagai subyek eksperimen. Salah satu aktivitasnya dinamakan “Findamine”, di mana peserta harus memecahkan beberapa teka-teki berbasis teks untuk menemukan target tertentu.

Setelah ronde pertama usai, para anggota tim secara acak diminta memilih satu dari tiga aktivitas.

Masing-masing aktivitas itu adalah bermain video game dengan teman setim, mengerjakan tugas rumah sendiri-sendiri (quiet homework), serta diskusi yang berorientasi hasil (goal-training discussion).

Baca juga: Kominfo Blokir Game PUBG dan "Mobile Legends", Hoaks atau Fakta?

Selanjutnya, mereka diberikan tantangan Findamine ronde kedua. Kekohesifan kelompok pada tim goal-training memang lebih tinggi, tetapi performa tim video game meningkat signifikan dari skor 435 menjadi 520.

“Bermain video dengan tim kerja benar-benar alternatif yang layak dan optimal untuk membangun kerja sama tim,” kata perwakilan tim peneliti lainnya, Mark Keith.

Perlu dicatat, bermain game semacam Fortnite dan PUBG untuk menambah produktivitas dalam kasus ini secara spesifik merujuk ke permainan bersama rekan kerja.

Artinya, jika Anda bermain Fortnite dan PUBG sendirian bersama orang luar -bukan dengan rekan kerja satu tim-, mungkin studi ini menjadi tak valid.

Intinya, aktivitas bermain game kolaboratif yang membuat ketagihan sejatinya bisa berdampak positif untuk mencairkan suasana dan membangun komunikasi antar rekan kerja. Dengan begitu, produktivitas dan hasil kerja pun bisa meningkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com