Dollar AS Perkasa, Apple Turunkan Harga iPhone?

Kompas.com - 31/01/2019, 11:28 WIB
iPhone XS. IstimewaiPhone XS.

KOMPAS.com - Penjualan iPhone di penghujung 2018 lesu, turun 15 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya. Apple pun bergegas menyiapkan strategi agar minat beli masyarakat kembali subur di sepanjang 2019 nanti.

Pabrikan Cupertino itu diprediksi bakal menurunkan harga jual iPhone di negara-negara berkembang. Setidaknya begitu yang diindikasikan CEO Apple, Tim Cook.

Sebab, kuatnya mata uang dollar AS membuat produk-produk Apple semakin mahal ketika dikonversi ke mata uang negara-negara lain. Apple sepertinya akan menyesuaikan harga di beberapa pasar.

“Melihat situasi ekonomi makro di beberapa negara, kami hendak mematok harga yang sesuai dengan kondisi lokal untuk menggenjot penjualan,” kata dia.

Baca juga: Pendapatan Apple Turun Gara-gara Penjualan iPhone Lesu

Belum dijelaskan secara spesifik tentang harga baru untuk iPhone yang sudah beredar, maupun yang akan datang nantinya.

Diketahui, pendapatan Apple pada kuartal terakhir 2018 tercatat 84,3 miliar dollar AS (Rp 1.191 triliun). Angka itu turun lima persen dari periode sama tahun sebelumnya.

Ini menandai kali pertama Apple mengalami penurunan dari segi pendapatan dan profit, sejak lebih dari satu dekade beroperasi, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (31/1/2019), dari DigitalTrends.

Sejak awal Januari, Tim Cook sudah sesumbar soal performa bisnis Apple yang menciut. Menurut dia, kurangnya minat beli iPhone tak lepas dari konflik dagang internasional yang berlangsung antara Amerika Serikat dan China.

Secara keseluruhan, industri smartphone di China juga sedang tak baik. Sepanjang 2018, hanya 101 juta smartphone yang terjual di negara berpopulasi terbesar itu.

Angka tersebut turun 15 persen dibandingkan 2017. Apple pun bukan satu-satunya vendor yang terkena dampak, melainkan juga Samsung dan Huawei.

Seperti apa kondisi industri smartphone di awal 2019 ini? Kita tunggu saja laporannya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X