Bluetooth 5.1 Bisa Lacak Perangkat Lain dengan Akurat

Kompas.com - 31/01/2019, 11:35 WIB
Ilustrasi Bluetooth Android AuthorityIlustrasi Bluetooth
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Selain menghubungkan aneka gadget secara nirkabel, teknologi Bluetooth bisa diterapkan sebagai pelacak perangkat lain. Penerapannya antara lain dalam bentuk perangkat Bluetooth tracker yang dibuat oleh beberapa perusahaan.

Nah, baru-baru ini organisasi pengembang teknologi nirkabel, Bluetooth Special Interest Group (SIG), mengumumkan fitur anyar untuk standar Bluetooth 5.1 terbaru yang bisa meningkatkan akurasi pendeteksian perangkat.

Bluetooth 5.1 sanggup melacak lokasi perangkat lain dengan akurasi yang hanya terpatut jarak beberapa sentimeter dari lokasi aslinya, jauh lebih presisi dibandingkan teknologi Bluetooth terdahulu yang melacak dalam hitungan meter.

Hal ini dimungkinkan oleh ditur "direction finding" baru yang menggabungkan aspek "proximity" dan "positioning" di teknologi Bluetooth.

Proximity digunakan untuk mengenali perangkat Blueooth lain dalam jangkauan, sementara positioning menerapkan pelacakan lokasi perangkat secara real-time.

Baca juga: Google Ketahuan Tetap Lacak Lokasi walau GPS Ponsel Dimatikan

Dengan demikian, teknologi Bluetooth 5.1 pun bisa digunakan untuk meningkatkan akurasi pelacakan posisi secara indoor, termasuk dalam hal navigasi. Ponsel bisa mendeteksi lokasi pengguna dengan lebih akurat dan memandu berkeliling secara lebih presisi.

Penerapan direction finding presisi ringgi ala Bluetooth 5.1 ini tak terbatas pada produk konsumen macam Bluetooth tracker atau smartphone saja, tapi bisa diimplementasikan untuk keperluan industri dan bisnis.

Misalnya, sebuah perusahaan bisa memanfaatkan direction finding untuk pelacakan barang spesifik di gudang yang dipenuhi oleh tumpukan rak.

Dirangkum KompasTekno dari Venture Beat, Kamis (31/1/2019), SIG mengatakan layanan berbasis lokasi adalah salah satu area pemanfaatan teknologi Bluetooth yang mengalami pertumbuhan pesat.

Jumlah perangkat berteknologi location service Bluetooth ini diperkirakan bakal mencapai kisaran 400 juta unit pada 2022 mendatang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X