Terbongkar, Ini yang Bikin Kamera Xiaomi Mi Mix 3 Terasa Kenyal saat Digeser

Kompas.com - 31/01/2019, 13:05 WIB
Close up bagian kamera tersembunyi pada Xiaomi Mi Mix 3.Xiaomi Close up bagian kamera tersembunyi pada Xiaomi Mi Mix 3.

KOMPAS.com - Xiaomi Mi Mix 3 memiliki mekanisme geser (sliding mechanism) yang unik untuk memunculkan kamera. Tujuannya untuk menghapus poni (notch) rumah kamera depan dari layar, sehingga tampilan benar-benar penuh (full-screen) tanpa gangguan.

Mekanisme geser pada kamera Xiaomi Mi Mix 3 ini dioperasikan secara manual, bukan motoris seperti milik Oppo Find X. Meski kesannya kurang canggih, tetapi ada efek “kenyal” yang bikin pengguna ketagihan saat menggeser.

Channel YouTube “JerryRigEverything” lantas membedah Xiaomi Mi Mix 3 dan memperlihatkan bagaimana mekanisme geser yang adiktif tersebut bekerja. Rahasianya ternyata ada pada dua pasang magnet neodymium.

Satu pasang magnet neodymium tampak ketika JerryRigEverything mengeluarkan baterai dari Xiaomi Mi Mix 3. Magnet itu berada di punggung landasan baterai sang flagship.

Baca juga: Beda Kamera Geser Xiaomi Mi Mix 3 dengan Oppo Find X dan ViVo Nex

Lantas, satu pasang lainnya ditemukan di balik layar. Nah, gaya tarik-menarik antar dua pasang magnet tersebut memberikan efek “kenyal” ketika pengguna menggeser untuk membuka dan menutup kamera Xiaomi Mi Mix 3.

Ketika dalam keadaan tertutup, dua pasang magnet pada Xiaomi Mi Mix 3 saling menarik. Sementara ketika digeser untuk dibuka, dua pasang magnet itu otomatis saling menolak.

Xiaomi memasang kabel pita yang masuk ke lubang di motherboard untuk menyelaraskan dan menghubungkan dua pasang magnet di Xiaomi Mi Mix 3, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (31/1/2019), dari GSMArena.

Baca juga: Kamera Xiaomi Mi Mix 3 Tahan Naik-Turun 600.000 Kali

Pabrikan ponsel China tersebut mengklaim kamera Mi Mix 3 bisa tahan digeser-geser hingga 300.000 kali tanpa gangguan. Sementara itu, menurut pengujian mandiri, ketahanannya bisa sampai 600.000 kali gerakan. 



Close Ads X