Google Rombak Tampilan Aplikasi Gmail Jadi Serba Putih

Kompas.com - 01/02/2019, 07:48 WIB
Ilustrasi Tampilan Gmail Baru Google BlogIlustrasi Tampilan Gmail Baru
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Google merombak desain Gmail versi web menjadi desain material ala Google dengan nuansa putih. Kali ini, giliran aplikasi Gmail di Adnroid dan iOS mendapat sentuhan serupa.

Desain material ini diterapkan Google ke aplikasi Gmail untuk membuat aplikasi G-Suite, seperti Gmail, Drive, Calendar, dan Google Docs, seirama dalam segi desain dan warna.

Dengan desain yang dirombak, tampilan utama aplikasi Gmail nantinya bakal terlihat bersih dan sederhana dengan nuansa serba putih, sebagaimana tampak pada gambar di bawah.

Baca juga: Resmi, Gmail Hadir dengan Wajah Baru yang Lebih Berwarna

"Update ini adalah bagian dari upaya membuat layanan-layanan G-Suite agar terlihat dan berfungsi selayaknya produk dalam satu keluarga, dirancang dengan tema Google Material yang mengutamakan kemudahan pemakaian," sebut Google dalam sebuah pengumuman.


 Ilustrasi Tampilan dan Fitur Gmail BaruGoogle Blog Ilustrasi Tampilan dan Fitur Gmail Baru

Tampilan baru, fungsi baru

Bukan hanya penampilan yang dirombak, aplikasi Gmail mobile pun mendapat sejumlah fungsi baru.

Misalnya, di bagian atas tampak satu kolom putih yang berfungsi sebagai search bar untuk mencari e-mail di akun Gmail pengguna.

Search bar tersebut juga dilengkapi dengan menu bergambar "tiga garis menumpuk" pada sisi kiri dan avatar pengguna yang tampil pada sisi kanan. Avatar tersebut bisa diklik untuk memudahkan pengguna mengganti akun e-mail.

Sebelum dirombak, search bar ini merupakan tempat untuk menampilkan judul menu yang sedang pengguna kunjungi, seperti "All Inboxes", dengan nuansa merah.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X