Galaxy S10 Bakal Usung Memori Internal 1 TB? - Kompas.com

Galaxy S10 Bakal Usung Memori Internal 1 TB?

Kompas.com - 01/02/2019, 11:03 WIB
Kantor pusat Samsung di Seoul, Korea Selatan.AFP/Getty Images Kantor pusat Samsung di Seoul, Korea Selatan.


KOMPAS.com - Era ponsel 1TB telah tiba. Pabrikan ponsel Korea Selatan itu mulai memproduksi massal chip penyimpanan berkapasitas 1 TB untuk ponsel. Ukuran ini menjadi kapasitas terbesar yang bakal disematkan dalam perangkat genggam.

Menurut pihak Samsung, penyimpanan jenis eUFS 2.1 dengan ukuran 11,5 x 13 mm itu dapat mentransfer data dengan kecepatan baca 1.000 megabyte per second (MB/s). Sementara kecepatan tulisnya mencapai 260 MB/s.

"Penyimpanan eUFS 1 TB ini diproyeksikan akan memiliki peranan penting dalam membawa pengalaman serupa dengan notebook pada perangkat mobile generasi berikutnya," ungkap Vice President of Memory Sales & Marketing Samsung Electronics, Cheol Choi.

Penyimpanan jenis eUFS produksi Samsung ditengarai bakal disematkan pada ponsel teranyarnya, Galaxy S10 yang akan diperkenalkan pada Februari 2019.

Baca juga: Android Pertama Berpenyimpanan 1 TB Dijual Rp 19 Juta

Kendati demikian, hal tersebut baru sebatas dugaan dan belum ada konfirmasi resmi dari Samsung.

Sejauh ini, kapasitas maksimal penyimpanan internal sebuah ponsel masih berada pada batas 512 GB. Kapasitas tersebut dimiliki oleh Galaxy Note 9 dan dapat diekspansi menggunakan memori eksternal maksimum 512 GB juga, sehingga kapasitas total menjadi 1 TB.

Tahun lalu, Samsung sendiri memang mempromosikan Galaxy Note 9 sebagai ponsel "1 terabyte ready" atau ponsel yang bisa diekspansi hingga 1 TB.

Samsung pun mengungkapkan bahwa chip penyimpanan ini nantinya dapat dimanfaatkan untuk menyimpan beragam file berukuran besar di dalam perangkat seperti misalnya video 4K UHD.

Jika melihat beberapa produk belakangan, kapasitas penyimpanan internal flagship milik Galaxy memang terus meningkat. Tahun lalu, Galaxy S9 ini memiliki memori internal tertinggi seluas 256 GB dan slot tambahan berupa microSD hingga 512 GB.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:


Close Ads X