Facebook Jadi Medsos Paling Digemari di Indonesia

Kompas.com - 05/02/2019, 11:08 WIB
Ilustrasi aplikasi Facebook, WhatsApp, Instagram, MessengerARUN SANKAR / AFP Ilustrasi aplikasi Facebook, WhatsApp, Instagram, Messenger

KOMPAS.com - Jumlah pengguna media sosial di Indonesia semakin bertambah. Tahun ini, menurut riset dari perusahaan media We Are Social yang bekerja sama dengan Hootsuite, menyebut ada 150 juta pengguna media sosial di Indonesia.

Jumlah itu naik 20 juta pengguna dibanding hasil riset pada 2018. Masih sama seperti tahun lalu, Facebook menjadi aplikasi media sosial yang paling banyak digemari di Indonesia, dengan penetrasi 81 persen, meski diterpa skandal keamanan setahun belakangan.

Instagram yang juga dimiliki Facebook, menjadi media sosial terpopuler kedua di Indonesia, dengan penetrasi 80 persen.

Khusus untuk media sosial, lima besar di Indonesia diduduki oleh Facebook, Instagram, Twitter, Snapchat, dan LinkedIn.

Popularitas Facebook sebagai media sosial hanya bisa dikalahkan oleh platform streaming video YouTube dan aplikasi pesan instan yang dinaunginya, yakni WhatsApp.

YouTube di Indonesia memiliki penetrasi 88 persen, sementara WhatsApp dengan penetrasi 83 persen.

Baca juga: Jokowi Ternyata Benar-benar Baca Pesan dari Media Sosial

Indonesia sendiri menduduki perkingkat ketiga sebagai negara dengan pengguna sekaligus target audiens iklan Facebook terbesar di dunia, dengan jumlah 130 juta pengguna aktif bulanan.

Platform media sosial paling banyak digunakan di IndonesiaWe Area Social dan Hootsuite Platform media sosial paling banyak digunakan di Indonesia

Lantas Jakarta, menduduki posisi ketiga sebagai kota dengan target audiens iklan tertinggi Facebook dengan jumlah 17 juta. Bahasa Indonesia sendiri menjadi bahasa ketiga paling banyak digunakan di platform Facebook, di bawah Bahasa Inggris dan Spanyol.

Sebesar 56 persen pengguna Facebook terdeteksi sebagai pengguna laki-laki sementara 44 persennya wanita.

Sementara Instagram memiliki 62 juta pengguna aktif bulanan di Indonesia dengan persentase jumlah pengguna pria 51 persen, lebih unggul dibanding pengguna wanita dengan pemetrasi 49 persen.

Baca juga: Separuh Penduduk Indonesia Sudah Melek Media Sosial

Di dunia, Indonesia menjadi negara keempat dengan jumlah audiens iklan Instagram tertinggi dengan jumlah 59 juta, naik 5 persen secara kuartal per kuartal.

Mikroblog Twitter memiliki 6,43 juta pengguna aktif bulanan di Indonesia, menghantarkan Indonesia di posisi ke 10 negara dengan jumlah pengguna Twitter terbesar di dunia.

Lima aplikasi yang memiliki audiens target iklan terbesar di IndonesiaWe Are Social an Hootsuite Lima aplikasi yang memiliki audiens target iklan terbesar di Indonesia

Pengguna Twitter pria sangat mendominasi platfrom ini dengan persentase 65 persen, sementara pengguna wanita hanya 35 persen. Snapchat, meski gaungnya jarang terdengar di Indonesia, diam-diam memiliki 3,8 juta pengguna aktif bulanan.

Sebagain besar penggunanya adalah wanita dengan persentase 87 persen, sementara pengguna pria hanya 89 persen.

LinkedIn memiliki 12 juta pengguna terdaftar di Indonesia dengan persentase 59 persen pengguna internet pria dan 41 persennya adalah wanita.

Di skala Global, Indonesia nangkring di posisi ke-10 sebagai negara dengan jumlah pengguna terdaftar LinkedIn tertinggi.

Selengkapnya, laporan Digital in 2019 dari We Are Social dapat dilihat melalui tautan berikut ini.



Close Ads X