Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Ikut Tren Kamera "Pop-up" di Galaxy A90?

Kompas.com - 05/02/2019, 17:09 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung bakal merilis smartphone pertama dengan kamera pop-up mekanis seperti Vivo NEX S. Dinamai “Galaxy A90”, lini tersebut digadang-gadang sebagai suksesor Galaxy A9 keluaran 2018.

Informasi ini pertama kali terendus dari kicauan pembocor ulung “Ice Universe” (@UniverseIce) di Twitter.


Kamera pop-up mekanis memungkinkan Samsung menghadirkan ponsel ber-bezel tipis, tanpa harus menyematkan poni (notch) atau lubang bak tompel (punch-hole).

Dari segi desain, tampilan yang benar-benar bersih tentu lebih enak dipandang. Namun, masih ada potensi masalah yang umumya merujuk pada daya tahan.

Baca juga: Xiaomi Mi Mix 3 Bakal Turun-Naik seperti Vivo Nex?

Beberapa pengamat teknologi masih mempertanyakan ketahanan motor yang membuat kamera bergerak ke atas dan ke bawah ketika hendak membidik objek.

Selain itu, kamera pop-up umumnya tak memiliki sertifikasi IP anti-air dan anti-debu, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (4/2/2019), dari PhoneArena.

Vivo NEX S diketahui tak tahan air dan debu. Galaxy A9, untuk alasan yang berbeda, sejatinya juga tak memiliki sertifikasi IP yang mumpuni.

Galaxy A9 baru saja diperkenalkan pada November 2018 lalu, sebagai smartphone pertama dengan empat kamera utama (quad-camera). Seri kelas menengah tersebut memiliki layar Super AMOLED 6,3 inci dan baterai 3.800 mAh.

Hingga kini belum jelas apakah Galaxy A90 juga punya quad-camera seperti kakaknya. Spesifikasinya secara umum belum banyak diketahui, kecuali konfigurasi RAM yang katanya lumayan jumbo yakni 6GB sampai 8GB.  ?

Kita tunggu saja hingga Galaxy A90 benar-benar menyapa pasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com