Facebook Messenger Sudah Bisa Hapus Pesan Terkirim, Begini Caranya

Kompas.com - 06/02/2019, 11:28 WIB
Facebook Messenger bisa hapus pesan terkirim Facebook MessengerFacebook Messenger bisa hapus pesan terkirim

KOMPAS.com - Layanan pesan singkat Facebook Messenger akhirnya menyediakan fitur untuk menghapus pesan terkirim (unsend). Tak perlu lagi khawatir jika salah kirim atau salah ketik pesan ke teman.

Pengguna diberi tenggat waktu 10 menit untuk menghapus pesan pasca terkirim ke ruang chat personal atau grup. Akan tetapi, pesan yang terhapus bakal meninggalkan jejak berupa pemberitahuan.

Lawan chatting di Facebook Messenger akan tahu ada pesan yang terhapus, meski belum sempat membaca isinya. Mekanisme ini sama seperti yang ditemui pada WhatsApp.

Baca juga: WhatsApp, Instagram, dan Messenger akan Disatukan

WhatsApp merilis fitur unsend pada akhir 2017 lalu. Mulanya dibatasi 7 menit pasca pesan terkirim, kini pesan lama pun bisa dihapus agar tak dilihat-lihat lagi oleh sang pengirim dan penerima.

Belum jelas apakah nantinya Facebook Messenger akan mengikuti langkah WhatsApp atau tetap setia pada tenggat 10 menit.

Cara hapus pesan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lantas, bagaimana caranya memanfaatkan fitur unsend di Facebook Messenger?

Pertama, buka ruang chatting. Lalu pilih pesan terkirim yang hendak dihapus. Anda akan melihat dua opsi, yakni “remove for everyone” (hapus untuk semua pihak) dan “remove for you” (hapus untuk Anda saja).

Opsi pertama untuk menghapus pesan seutuhnya agar tak terlihat oleh penerima dan Anda sebagai pengirim pesan.

Sementara itu, opsi kedua hanya berdampak pada pengirim pesan, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (6/2/2019), dari situs resmi Facebook Messenger.

Baca juga: Gara-gara "Bug", Pesan Lama Bermunculan di Facebook Messenger

Artinya, Anda perlu menekan opsi pertama untuk menarik pesan dari hadapan teman chatting. Facebook Messenger bakal menanyakan kembali apakah Anda yakin dengan keputusan tersebut.

Klik “remove” (hapus), lantas pesan yang Anda pilih tak bakal diketahui isinya oleh sang penerima. Kecuali, tentu saja, jika penerima terlanjur melihat pesan dalam kurun waktu 10 menit sebelum Anda menghapusnya.

Fitur ini sudah tersedia untuk seluruh pengguna Facebook Messenger versi Android maupun iOS. Selamat mencoba!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.