Google Rilis Aplikasi Pengubah Suara Jadi Tulisan untuk Penyandang Tunarungu

Kompas.com - 06/02/2019, 18:02 WIB
Ilustrasi Google Search App di Mobile DIPTENDU DUTTA / AFPIlustrasi Google Search App di Mobile
|

KOMPAS.com - Penyandang disabilitas kini makin mendapat perhatian dari Google. Baru-baru ini, Google merilis aplikasi yang dibuat khusus untuk pengguna yang tunarungu alias tidak dapat mendengar. 

Aplikasi tersebut bernama Live Transcribe dan Sound Amplifier. Keduanya memiliki fungsi serta cara penggunaan yang berbeda.

Live Transcribe, sesuai dengan namanya, aplikasi ini memiliki fungsi untuk menerjemahkan percakapan ke ke dalam tulisan. Aplikasi tersebut akan merekam setiap ucapan orang lain melalui microfon dan kemudian mengubahnya dalam bentuk teks.

Dengan begitu, meski memilki keterbatasan dalam pendengaran, penyandang tunarungu dapat memahami apa yang orang lain katakan melalui tulisan tersebut.

Aplikasi Live Transcribe diperuntukkan bagi para penyandang tunarungu yang memang tidak bisa mendengar suara apapun. Aplikasi ini dikembangkan Google lewat kerja sama dengan Gallaudet University.

Sementara itu, aplikasi Sound Amplifier diperuntukkan bagi penyandang tunarungu yang masih bisa mendengar suara namun secara terbatas. Mekanisme aplikasi Sound Amplifier bekerja seperti sebuah alat bantu dengar pada umumnya.

Aplikasi ini berguna untuk mengeraskan suara di sekitar sehingga dapat lebih jelas terdengar oleh pengguna.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengguna dapat menggunakan headset atau headphone yang dihubungkan pada ponsel. Kemudian, ponsel akan memanfaatkan microfon untuk menangkap suara di sekitar.

"Teknologi adalah tentang inklusi, dan memberdayakan orang-orang dari semua kemampuan," ungkap Eve Andersson, salah satu karyawan yang menjalankan Google Machine Learning. 

"Produk dan layanan kami hanya akan menjadi lebih baik dan lebih berguna jika kami mengundang orang-orang dari semua segmen masyarakat, dan orang-orang dari seluruh dunia, untuk mempengaruhi dan menciptakan teknologi," lanjutnya. 

Baca juga: 6 Teknologi Pembantu Aktivitas Tunanetra Sehari-hari

Dikutip KompasTekno dari The Verge, Rabu (6/2/2019), kedua aplikasi ini akan tersedia secara pre-installed pada ponsel Pixel 3. Pengguna ponsel model lain bisa mendapatkan aplikasi ini melalui Google Play Store.

Aplikasi Live Transcribe sudah tersedia meski masih dalam versi Beta. Sementara Sound Amplifier hanya dapat digunakan pada ponsel dengan sistem operasi Android 9 Pie.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.