Pesan "Error" Windows 10 Bakal Lebih Mudah Dipahami

Kompas.com - 06/02/2019, 19:32 WIB
Wallpaper khas Windows 10. MicrosoftWallpaper khas Windows 10.

KOMPAS.com - Sistem operasi (OS) Windows 10 bakal memiliki pembaruan besar pada April nanti ,dengan tajuk April 2019 Update (19H1). Salah satu fitur yang bakal diperbarui adalah"error messages" pada saat update OS berlangsung.

Sejatinya, pembaruan pada fitur ini memungkinkan pengguna untuk lebih mudah memahami sekaligus menangani masalah yang terjadi ketika memperbarui Windows 10.

Dalam pembaruan ini, Microsoft menyertakan dua perubahan terkait fitur peringatan error. Perubahan tersebut berasal dari aspek pencarian Knowledge Base (KB) dan penanganan aplikasi yang tidak kompatibel.

Sebagai informasi, KB sendiri merupakan istilah untuk kumpulan artikel bikinan Microsoft guna membantu pengguna Windows menyelesaikan masalah yang terjadi pada OS Windows yang mereka pasang.

Kembali lagi ke pembaruan, perubahan pertama yang dilakukan oleh Microsoft adalah memberikan kemudahan untuk pengguna agar bisa mengakses artikel KB langsung dari jendela error yang muncul.

Baca juga: Update Windows 10 Ngadat, Apa yang Harus Dilakukan?

Nantinya, pengguna tak perlu repot-repot untuk mencari KB secara terpisah di peramban atau mesti Googling, lantaran ada hyperlink bertajuk "Learn More" yang akan mengantar mereka ke KB yang berhubungan dengan masalah tersebut.

Ilustrasi pembaruan terkait pesan error pada Windows 10DigitalTrends Ilustrasi pembaruan terkait pesan error pada Windows 10

Pada perubahan kedua, Microsoft memperbarui pesan error terkait aplikasi yang tidak kompatibel pada saat pembaruan berlangsung.

Pada proses tersebut, jika terjadi error yang berasal dari aplikasi yang tak kompatibel, pengguna bakal dibimbing untuk menghapus aplikasi atau memperbarui aplikasi tersebut agar cocok dengan versi Windows yang terbaru.

Sebelumnya, Microsoft hanya memberikan informasi terkait aplikasi yang menimbulkan error saja. Walhasil, Windows gagal diperbarui dan pengguna pun diharuskan untuk menghapus aplikasi yang menghambat pembaruan Windows secara mandiri.

Dengan adanya pembaruan ini, maka pengguna Windows 10 yang awam tak mesti mencari kerabat yang mengerti seluk-beluk Windows 10 atau nomor error KB Windows di dunia maya untuk menyelesaikan masalah pembaruan pada OS mereka.

Selain pembaruan itu, Microsoft juga diprediksi bakal ikut menyertakan beberapa fitur baru ke Windows April Update (19H1), seperti pemisahan Cortana, kemampuan untuk mencopot aplikasi bawaan Windows.

Untuk memperkuat privasi, Microsoft juga menyertakan fitur taskbar baru guna melihat melihat aplikasi yang sedang menggunakan modul mikrofon, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari DigitalTrends, Rabu (6/2/2019).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X