Mulai Hari Ini, Flickr Hapus Foto Pengguna Gratis yang Melebihi Kuota

Kompas.com - 06/02/2019, 20:04 WIB
Ilustrasi Flickr dengan lambang trash bin TechCrunch Ilustrasi Flickr dengan lambang trash bin

KOMPAS.com - Layanan berbagi foto dan video online, Flickr, bakal menghapus konten yang diunggah pengguna gratis yang melebihi batas kuota. Langkah penghapusan foto dan video tersebut bakal dilakukan mulai Selasa (5/2/2019).

Sebelumnya, pihak Flickr telah memberikan kesempatan bagi pengguna sejak tiga bulan lalu untuk mem- backup/mengunduh foto dan video yang melebihi batas 1.000 foto dan video.

Konten yang bakal dimusnahkan oleh Flickr sendiri adalah foto dan video terlama, berdasarkan tanggal unggahnya dan berada di urutan di atas 1.000.

Sebagai ilustrasi, jika pengguna memiliki foto yang tersimpan di Flickr dan jumlahnya hingga 1000 foto, maka foto terlama di urutan ke 1001, 1002, 1003, dan seterusnya, bakal dihapus oleh Flickr.

Untuk menghindari hal ini, pengguna bisa "upgrade" akun Flickr mereka ke versi "Pro" dengan harga 50 dollar AS atau sekitar Rp 700.000 per tahun.

Dengan mengubah layanan menjadi versi "Pro", maka pengguna bakal mendapatkan storage yang tak terbatas untuk menyimpan foto mereka di Flickr.

Baca juga: Flickr Resmi Dicaplok SmugMug

Selain penyimpanan foto tak terbatas, pengguna juga dapat browsing foto dan video beresolusi tinggi (HD) tanpa iklan (spam), memusnahkan sistem login melalui Yahoo, dan sejumlah fitur lainnya.

Hingga saat ini, pengguna gratis Flickr sendiri diharuskan memiliki akun Yahoo agar bisa masuk (login) dan memanfaatkan layanan Flickr.

Lalu, bagaimana jika pengguna memiliki lebih dari 1.000 foto di Flickr tapi tak mau beralih ke versi "Pro"? Pengguna pun disarankan untuk rajin melakukan backup foto dan video di layanan tersebut. Bagaimana caranya?

Cara backup foto di Flickr

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X