Mulai Hari Ini, Flickr Hapus Foto Pengguna Gratis yang Melebihi Kuota

Kompas.com - 06/02/2019, 20:04 WIB
Ilustrasi Flickr dengan lambang trash binTechCrunch Ilustrasi Flickr dengan lambang trash bin

KOMPAS.com - Layanan berbagi foto dan video online, Flickr, bakal menghapus konten yang diunggah pengguna gratis yang melebihi batas kuota. Langkah penghapusan foto dan video tersebut bakal dilakukan mulai Selasa (5/2/2019).

Sebelumnya, pihak Flickr telah memberikan kesempatan bagi pengguna sejak tiga bulan lalu untuk mem- backup/mengunduh foto dan video yang melebihi batas 1.000 foto dan video.

Konten yang bakal dimusnahkan oleh Flickr sendiri adalah foto dan video terlama, berdasarkan tanggal unggahnya dan berada di urutan di atas 1.000.

Sebagai ilustrasi, jika pengguna memiliki foto yang tersimpan di Flickr dan jumlahnya hingga 1000 foto, maka foto terlama di urutan ke 1001, 1002, 1003, dan seterusnya, bakal dihapus oleh Flickr.

Untuk menghindari hal ini, pengguna bisa "upgrade" akun Flickr mereka ke versi "Pro" dengan harga 50 dollar AS atau sekitar Rp 700.000 per tahun.

Dengan mengubah layanan menjadi versi "Pro", maka pengguna bakal mendapatkan storage yang tak terbatas untuk menyimpan foto mereka di Flickr.

Baca juga: Flickr Resmi Dicaplok SmugMug

Selain penyimpanan foto tak terbatas, pengguna juga dapat browsing foto dan video beresolusi tinggi (HD) tanpa iklan (spam), memusnahkan sistem login melalui Yahoo, dan sejumlah fitur lainnya.

Hingga saat ini, pengguna gratis Flickr sendiri diharuskan memiliki akun Yahoo agar bisa masuk (login) dan memanfaatkan layanan Flickr.

Lalu, bagaimana jika pengguna memiliki lebih dari 1.000 foto di Flickr tapi tak mau beralih ke versi "Pro"? Pengguna pun disarankan untuk rajin melakukan backup foto dan video di layanan tersebut. Bagaimana caranya?

Cara backup foto di Flickr

Ada dua cara yang bisa pengguna lakukan guna mencadangkan foto di Flickr ke perangkat offline seperti harddisk. Cara pertama adalah melalui jalur menu "Albums". "Albums" berisi kumpulan foto dan video berdasarkan folder (album) yang telah pengguna buat.

Untuk mengakses kumpulan album, pergi ke tab "You" pada menu di bagian atas situs Flickr. Setelah itu, pilih menu "Albums".

Di sini, pengguna akan melihat beberapa album yang telah dibuat di layanan Flickr. Untuk mengunduhnya, klik tombol "download" pada cover album tersebut.

Pengguna bisa mengunduh hingga lebih dari 5.000 foto dan video yang tersimpan di satu album lewat cara ini. 

Ilustrasi backup foto Flickr lewat AlbumThisIsInsider Ilustrasi backup foto Flickr lewat Album

Setelah itu, bakal muncul notifikasi dari Flickr terkait link untuk mengunduh foto yang terkumpul di dalam satu file berekstensi ZIP (jika lebih dari 15 foto dan video). Notifikasi tersebut bisa diakses melalui ikon "lonceng" pada bagian kanan atas situs Flickr.

Untuk cara kedua, pengguna bisa menggunakan fitur "Camera Roll". Untuk mengakses fitur tersebut, pengguna bisa pergi ke tab "You" lalu pilih "Camera Roll".

Di sini, Flickr bakal menampilkan dan mengurutkan foto berdasarkan preferensi pengguna, misal berdasarkan tanggal unggah.

Ilustrasi backup foto Flickr lewat Camera RollThisIsInsider Ilustrasi backup foto Flickr lewat Camera Roll

Setelah diurutkan, pengguna bisa memilih beberapa foto dan video yang ingin mereka cadangkan. Perlu diingat, maksimal hanya 500 foto dan video yang bisa diunduh melalui jalur ini.

Setelah dipilih, klik tombol "Download" pada bagian bawah situs Flickr. Nantinya, serupa dengan jalur "Albums", pengguna juga bakal mendapatkan pemberitahuan lewat "lonceng" notifikasi terkait file ZIP yang berisi foto yang telah dipilih.



Close Ads X