Tidak Kebagian Galaxy S10 5G? Tidak Masalah

Kompas.com - 06/02/2019, 20:32 WIB
Render trio Galaxy S10Evan Blass/Twitter @evleaks Render trio Galaxy S10

KOMPAS.com - Bukan rahasia lagi, bahwa salah satu model Gaalxy S10 yang akan diluncurkan akan mendukung konektivitas jaringan 5G.

Namun karena penyebaran jaringan tersebut yang belum merata di semua negara, Galaxy S10 5G hanya akan mendarat di beberapa negara tertentu lebih dulu.

Tapi tidak masalah bagi para fans Samsung yang belum kebagian Galaxy S10 5G. Berdasarkan sertifikasi yang dajukan Samsung ke komisi komunikasi federal AS (FCC), semua model Galaxy S10 akan mendukung standar Wi-Fi baru, yakni WiFi 6 (802.11ax).

Standar tersebut akan dipadu dengan chipset Snapdragon 855. Artinya, sesuai paparan organisasi WiFi Alliance, generasi baru WiFi tersebut akan menawarkan performa empat kali lebih baik dibanding standar WiFi 5 (802.11ac) yang dirilis 2014 silam.

Performa WiFi 6 disebut tetap akan maksimal di area-area padat seperti di dalam gedung olahraga atau area konser, yang seringkali membuat pengguna WiFi berjibaku berebut koneksi jaringan.

Baca juga: Inikah Tampang Samsung Galaxy S10 Plus?

Kecepatan data yang ditawarkan standar WiFi baru ini diklaim mencapai 40 persen lebih tinggi. Efisiensi jaringan pun disebut lebih baik dari sebelumnya, serta membantu perangkat menghemat data baterai.

Salah satu keunggulan standar WiFi 6 adalah pengaturan mode tidur (sleep mode) ketika jaringan sedang tidak digunakan.

Untuk menikmati keunggulan ini di Galaxy S10, tentu sja pengguna juga harus terkoneksi dengan router yang kompatibel dengan standar WiFi 6.

Salah satunya adalah router yang telah dirilis Netgear November lalu. Netgear mengklaim bahwa router besutannya mampu menggunakan data wireless hingga 6 Gbps dengan tingkat efisiensi data 25 persen lebih baik.

Standar WiFi 6 diperkirakan akan menjadi standar baru di perangkat mobile ke depannya, dirangkum KompasTekno dari Trusted Reviews, Rabu (6/2/2019).

Selain Samsung, Apple disebut akan menyematkan teknologi yang sama di iPhone 2019 mendatang, sebagai ganti keurungan Apple merilis iPhone 5G.

Baca juga: WiFi di Starbucks Bakal Blokir Situs-situs Porno



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X