Samsung Pindahkan Kamera Depan Galaxy Note ke Pena "Stylus"?

Kompas.com - 07/02/2019, 12:46 WIB
S Pen baru dengan Bluetooth pada Galaxy Note 9. Lulu Cinantya/Kompas.comS Pen baru dengan Bluetooth pada Galaxy Note 9.

KOMPAS.com - Samsung tengah menyiapkan inovasi anyar untuk seri Galaxy Note. Setidaknya begitu menurut dokumen terbaru yang diajukan sang pabrikan Korea Selatan ke Kantor Merek Dagang dan Paten Amerika Serikat (USPTO).

Pada paten tersebut, tampak pena digital “S-Pen” yang fungsinya semakin kaya. Bukan cuma untuk mencoret-coret di layar atau memberikan perintah, tetapi juga disematkan kamera.

Setidaknya ada satu lensa dan sensor gambar yang dipasang pada S Pen. Desus-desus yang mengemuka menyebut kamera pada S Pen tak lain untuk membidik selfie.

Baca juga: Samsung Ketahuan Promosikan Galaxy Note 9 Pakai iPhone

Paten S Pen yang disisipkan kamera.PhoneArena Paten S Pen yang disisipkan kamera.
Dengan begitu, tampilan Galaxy Note bisa benar-benar penuh (full-screen). Tak perlu lagi ada poni (notch) atau lubang bak tompel (punch-hole) untuk menempatkan kamera selfie.

Aktivitas membidik selfie pun menjadi unik, sebab pengguna hanya perlu membawa S Pen yang jauh lebih ringan ketimbang ponsel.

Namun, hingga kini belum diketahui pasti apakah benar kamera pada S Pen dirancang untuk selfie atau ada kebutuhan lain.

Yang jelas, menurut dokumen paten, kamera pada S Pen dikontrol menggunakan sebuah tombol eksternal baru.

Letaknya di bawah tombol kontrol yang ditemui di lini Galaxy Note sebelumnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (7/2/2019), dari PhoneArena.

Samsung masih bungkam soal implementasi paten ini. Seperti paten-paten lainnya, bisa saja inovasi ini diwujudkan, tetapi tak menutup kemungkinan dibiarkan begitu saja.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X