Sony Xperia XA3 Pakai Layar Format Bioskop?

Kompas.com - 08/02/2019, 07:08 WIB
Render Sony Xperia A3winfuture Render Sony Xperia A3

KOMPAS.com - Aspect ratio layar smartphone agaknya makin memanjang dari tahun ke tahun. Mulai dari rasio aspek 16:9, 18:9, hingga kemudian 19,5:9.

Belakangan, Sony dikabarkan bakal memelarkan layar smartphone lebih lanjut dengan memakai aspect ratio 21:9 atau yang disebut sebagai "CinemaWide" oleh pabrikan Jepang tersebut.

Baca juga: Inikah Tanggal Peluncuran Xperia XA3 dan XA3 Ultra?

Perangkat Sony dengan layar CinemaWide diduga adalah seri smartphone Xperia XA3. Hal ini diungkap oleh pengulas gadget, Roland Quandt, yang mengunggah gambar render ponsel tersebut lewat akun Twitter miliknya.


Aspect ratio 21:9 (2.3:1) untuk layar seri ponsel Sony Xperia XA3 mendekati aspect ratio format anamorphic (2.39:1) dan CinemaScope (2.35:1) yang umum digunakan untuk tampilan film di bioskop.

Keunggulan aspect ratio ini dibanding 16:9 adalah pengguna tidak akan kenemukan blok hitam di sisi atas dan bawah layar (letterboxing) ketika menonton video dengan format lebar ala bioskop di layar Xperia XA3.

Alhasil, pengalaman menonton video pun bisa lebih nyaman. Selain itu, dengan mengadopsi aspect ratio tersebut, bodi smartphone terlihat lebih panjang dan ramping.

Baca juga: Sony Xperia XZ4 Punya Kamera 52 Megapiksel?

Dirangkum KompasTekno dari Phandroid, Kamis (7/2/2019), Sony Xperia A3 bukanlah ponsel pertama yang dikabarkan bakal mengadopsi aspek rasio 21:9.

Rumor sebelumnya juga memunculkan kabar bahwa Sony Xperia XZ4 akan menggunakan aspect ratio yang sama pula.

Jajaran ponsel baru Sony kabarnya akan mulai diperkenalkan di ajang Mobile World Congress 2019 yang akan berlangsung akhir bulan ini di Barcelona, Spanyol. 

Yuk follow Twitter KompasTekno dan Facebook KompasTekno untuk mendapatkan berita-berita terbaru.

Ikuti juga channel YouTube KompasTekno untuk menonton video-video seru seputar teknologi.



Close Ads X