Apple Rilis iOS 12.1.4 untuk Perbaiki Celah Fatal di FaceTime

Kompas.com - 08/02/2019, 08:52 WIB
Aplikasi video call FaceTime buatan Apple.Apple Insider Aplikasi video call FaceTime buatan Apple.

KOMPAS.com - Akhir Januari lalu, aplikasi pangilan suara dan video di Group FaceTime dilaporkan memiliki bug yang cukup serius. Celah keamanan tersebut memungkinkan penelepon mendengar suara dari penerima, meski panggilan belum diangkat.

Hal ini menjadi masalah privasi yang serius bagi Apple, hingga harus menon-aktifkan server Group FaceTime. Setelah banyak laporan, Apple berjanji akan merilis pembaruan software untuk segera menambal celah keamanan dimaksud.

Baca juga: Awas, Penelepon di FaceTime di iPhone Bisa Dengar Suara Penerima Meski belum Diangkat

Janji itu akhirnya ditepati dengan perilisan pembaruan iOS versi 12.1.4 yang kini telah tersedia untuk semuat perangkat iOS.

"iOS 12.1.4 memberikan pembaruan keamanan yang penting dan direkomendasikan bagi semua pengguna," tulis Apple dalam deskripsi pembaruannya.

Dirangkum KompasTekno dari 9to5Mac, Jumat (8/2/2019), Group FaceTime milik pengguna perangkat iOS bisa aktifk kembali setelah melakukan pembaruan ini.

Sebelum melakukan pembaruan, jangan lupa untuk mencadangkan data di perangkat iPhone atau iPad ke iCloud atau media penyimpanan lain.

Baca juga: Ada "Bug" Serius, Apple Matikan Server Group FaceTime

Perangkat seharusnya mendeteksi dan mengunduh pembaruan secara otomatis. Untuk melakukan secara manual, buka menu "Setting", lalu ketuk "general", pilih "Software Update" untuk mengunduh dan memasang iOS 12.1.4.

Bug di FaceTime ini merupakan kasus serius karena membuka celah keamanan fatal yang mengancam privasi pengguna perangkat iOS.

Bahkan CEO Apple Tim Cook mendapat surat langsung dari anggota kongres partai Demokrat AS, yakni Frank Pallone dan Jan Schakowsky untuk menjelaskan masalah privasi pada FaceTime itu. Keduanya meminta Cook untuk memberikan keterangan pada 19 Februari mendatang.

Apple sendiri telah meminta maaf atas kejadian ini. "Kami mengapresiasi kesabaran Anda semua sementara proses perbaikan sedang kami selesaikan," jelas perwakilan Apple saat kasus ini mulai terkuak di media.

Jangan lupa follow Twitter KompasTekno dan Facebook KompasTekno untuk mendapatkan berita-berita terbaru. Tak ketinggalan juga subscribe channel YouTube KompasTekno untuk menonton video-video seru seputar teknologi.

Baca juga: Cerita Gamer 14 Tahun yang Temukan Celah Fatal di FaceTime




Close Ads X