Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Flickr Tunda Penghapusan Foto Pengguna Gratis yang Melebihi Kuota

Kompas.com - 08/02/2019, 09:44 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber USA Today

KOMPAS.com - Layanan berbagi foto dan video, Flickr, berencana menghapus foto dan video pengguna gratis yang telah melebihi kuota 1.000 buah mulai bulan Februari ini. Namun, kebijakan tersebut belakangan ditunda.

Keputusan menunda penghapusan diambil karena adanya laporan dari sejumlah pengguna yang mengalami kesulitan dalam mengunduh file di akun Flickr masing-masing.

Menurut Scott Kinzie, Vice President SmugMug -perusahaan yang menaungi Flickr- deadline penghapusan foto pengguna gratis ditunda hingga satu bulan ke depan.

Baca juga: Flickr Batasi Pengguna Gratis Unggah 1.000 Foto dan Video

"Berdasarkan feedback dari member dan adanya masalah yang dialami sejumlah anggota saat mengunduh foto pada Senin lalu, kami memutuskan untuk menunda tenggat sampai 12 Maret 2019," kata Scott.

"Tujuan kami adalah untuk memastikan bahwa anggota Flickr memiliki cukup waktu untuk membuat keputusan berdasarkan informasi tentang bagaimana mereka dapat melindungi dan menikmati foto-foto mereka di Flickr," lanjutnya.

Untuk backup

Dirangkum KompasTekno dari USA Today, Jumat (8/2/2019), para pengguna mengunduh foto dan video sebagai backup agar tidak ikut dimusnahkan karena melebihi batas penyimpanan.

Sebelumnya, pihak Flickr telah memberikan kesempatan bagi pengguna gratis sejak tiga bulan lalu untuk mengunduh foto dan video yang melewati kuota 1.000 foto dan video.

Foto dan video yang berada di urutan di atas 1.000 akan dimusnahkan oleh Flickr. Untuk menghindari hal ini, pengguna non-berbayar diwajibkan untuk upgrade akun Flickr dari versi gratis ke versi Pro dengan harga 50 dollar AS atau sekitar Rp 700.000 per tahun.

Baca juga: Flickr Resmi Dicaplok SmugMug

Jika enggan untuk upgrade ke versi Pro, pengguna yang memiliki lebih dari 1,000 konten di Flickr harus melakukan backup foto dan video sebelum dihapus.

Cara pertama untuk melakukan backup adalah melalui jalur menu "Albums" yang berisi kumpulan foto dan video berdasarkan folder (album) yang telah pengguna buat.

Di sini pengguna akan melihat beberapa album yang telah dibuat Flickr. Untuk mengunduhnya ke komputer, cukup klik tombol "download".

Cara kedua yakni menggunakan fitur Camera Roll. Lewat cara ini, pengguna bisa memilih beberapa foto dan video yang ingin dicadangkan. Setelah dipilih, tinggal klik tombol "download" dan secara otomatis file akan diunduh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber USA Today
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com