Microsoft Perluas Dukungan Xbox Live ke Android, iOS, dan Nintendo?

Kompas.com - 08/02/2019, 14:42 WIB
Ilustrasi Xbox Live TechNewsToday Ilustrasi Xbox Live

KOMPAS.com - Microsoft tengah mempersiapkan dukungan software pengembang terbaru (SDK) untuk para pengembang game. Dengan SDK itu, game buatan mereka bisa dimainkan di berbagai platform, mulai PC, Xbox, iOS, Android, hingga Nintendo Switch.

Hal ini diketahui dari situs resmi ajang tahunan Game Developer Conference (GDC). Di situs itu, Microsoft dijadwalkan menyelenggarakan sebuah sesi dengan tajuk "Xbox Live: Growing & Engaging Your Gaming Community Across Platforms".

Berdasarkan judul acaranya, Microsoft diperkirakan bakal memperkenalkan SDK cross-platform yang memungkinkan game-game di Android, iOS, Nintendo Switch, bisa mendukung Xbox Live.

Dengan kata lain, Microsoft bakal meluncurkan software untuk memungkinkan sebuah game bisa dijalankan di platform lain lewat Xbox Live.

Baca juga: Game Gratis PUBG Lite Resmi Masuk Indonesia

Saat ini, Xbox Live sendiri sudah hadir di beberapa game lintas-perangkat besutan Microsoft, seperti Minecraft, khususnya untuk PC.

Pada game itu, pengguna diharuskan login menggunakan akun Xbox Live agar bisa memanfaatkan berbagai fitur seperti achievements, friend list, dan multiplayer gaming.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nantinya, jika pengembangan SDK ini telah rampung, pengembang juga bisa menambahkan dukungan Xbox Live di game bikinannya, tak terbatas pada game bikinan Microsoft saja.

Dengan kehadiran perangkat lunak untuk Xbox Live ini, Microsoft juga diprediksi bakal memperkecil gap antar-perangkat gaming.

Beragam game lintas-perangkat serupa Minecraft, Fortnite, dan PUBG, juga diperkirakan bakal bermunculan setelah Microsoft merilis SDK ini.

Meski demikian, belum diketahui kapan tanggal pasti rilis SDK untuk menerapkan Xbox Live agar bisa digunakan di game lintas-perangkat.

Namun, Microsoft diperkirakan bakal memperkenalkan SDK yang mendukung Xbox Live ini pada ajang Game Developers Conference (GDC) Maret mendatang, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari WindowsCentral, Jumat (8/2/2019).

Jangan lupa follow Twitter KompasTekno dan Facebook KompasTekno untuk mendapatkan berita-berita terbaru. Tak ketinggalan juga subscribe channel YouTube KompasTekno untuk menonton video-video seru seputar teknologi.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.