Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Perluas Dukungan Xbox Live ke Android, iOS, dan Nintendo?

Kompas.com - 08/02/2019, 14:42 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Microsoft tengah mempersiapkan dukungan software pengembang terbaru (SDK) untuk para pengembang game. Dengan SDK itu, game buatan mereka bisa dimainkan di berbagai platform, mulai PC, Xbox, iOS, Android, hingga Nintendo Switch.

Hal ini diketahui dari situs resmi ajang tahunan Game Developer Conference (GDC). Di situs itu, Microsoft dijadwalkan menyelenggarakan sebuah sesi dengan tajuk "Xbox Live: Growing & Engaging Your Gaming Community Across Platforms".

Berdasarkan judul acaranya, Microsoft diperkirakan bakal memperkenalkan SDK cross-platform yang memungkinkan game-game di Android, iOS, Nintendo Switch, bisa mendukung Xbox Live.

Dengan kata lain, Microsoft bakal meluncurkan software untuk memungkinkan sebuah game bisa dijalankan di platform lain lewat Xbox Live.

Baca juga: Game Gratis PUBG Lite Resmi Masuk Indonesia

Saat ini, Xbox Live sendiri sudah hadir di beberapa game lintas-perangkat besutan Microsoft, seperti Minecraft, khususnya untuk PC.

Pada game itu, pengguna diharuskan login menggunakan akun Xbox Live agar bisa memanfaatkan berbagai fitur seperti achievements, friend list, dan multiplayer gaming.

Nantinya, jika pengembangan SDK ini telah rampung, pengembang juga bisa menambahkan dukungan Xbox Live di game bikinannya, tak terbatas pada game bikinan Microsoft saja.

Dengan kehadiran perangkat lunak untuk Xbox Live ini, Microsoft juga diprediksi bakal memperkecil gap antar-perangkat gaming.

Beragam game lintas-perangkat serupa Minecraft, Fortnite, dan PUBG, juga diperkirakan bakal bermunculan setelah Microsoft merilis SDK ini.

Meski demikian, belum diketahui kapan tanggal pasti rilis SDK untuk menerapkan Xbox Live agar bisa digunakan di game lintas-perangkat.

Namun, Microsoft diperkirakan bakal memperkenalkan SDK yang mendukung Xbox Live ini pada ajang Game Developers Conference (GDC) Maret mendatang, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari WindowsCentral, Jumat (8/2/2019).

Jangan lupa follow Twitter KompasTekno dan Facebook KompasTekno untuk mendapatkan berita-berita terbaru. Tak ketinggalan juga subscribe channel YouTube KompasTekno untuk menonton video-video seru seputar teknologi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com