Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada 230 Emoji Baru, dari Binatang hingga Representasi Kaum Disabilitas

Kompas.com - 08/02/2019, 17:42 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Mashable

KOMPAS.com - Lembaga non-profit yang mengatur standarisasi emoji dunia, Unicode Consortium (UC), telah meresmikan 230 "emoji" baru. UC bakal merilis emoji tersebut pada tahun ini.

Emoji yang diresmikan UC untuk tahun ini sendiri cukup beragam dan berwarna, mulai dari binatang, makanan, ekspresi, simbol, emoji untuk menghormati kaum disabilitas dan ras, hingga emoji untuk merepresentasikan sebuah budaya.

Untuk binatang, ada emoji kungkang, berang-berang, burung flamingo, orangutan, dan sigung. Pengguna juga bakal menikmati emoji makanan baru yaitu waffle, mentega, bawang, dan kotak jus.

Untuk emoji berbasis ekspresi, ada emoji menguap dan "pinching" alias mencubit.

Baca juga: 17 Juli Jadi Hari Emoji Sedunia, Bagaimana Sejarahnya?

Di aspek simbol, UC menyetarakan emoji tersebut dengan pilihan warna yang lebih bervariasi, seperti simbol hati dengan warna putih dan simbol geometris dengan pilihan warna pelangi.

Selain ekspresi dan simbol, UC juga mencoba untuk merepresentasikan kaum disabilitas melalui emoji baru. Ada emoji yang bakal mewakili kaum tuna rungu, tuna netra, orang dengan kaki prostesis, orang berkursi roda, hingga emoji anjing pembimbing.

Sementara itu, untuk lebih mewakili pengguna dengan warna kulit (ras) berbeda, UC juga merilis kombinasi 70 emoji baru yang merepresentasikan pasangan berpegangan tangan dengan beragam warna kulit dari hitam, coklat, hingga putih.

Ada pula beberapa emoji baru terkait ranah budaya, seperti emoji baju "Sari", kuil Hindu, makanan Falafel, minuman Mate, lampu Diya, dan sebagainya.

Meski sudah diresmikan, emoji-emoji ini masih belum bisa digunakan oleh pengguna lantaran masih dalam tahap finalisasi oleh pihak UC.

Baca juga: Instagram Sediakan Tombol Cepat Emoji untuk Komentar Stories

Namun, pengguna, baik dari ponsel atau web, bakal bisa menikmati emoji ini beberapa bulan ke depan mengingat UC bakal merilis pembaruan emoji ini pada bulan Maret, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Mashable, Jumat (8/2/2019).

Berikut gambaran daftar emoji yang dirilis oleh UC untuk tahun ini:

Ilustrasi Emoji 2019 part 1Emojipedia Ilustrasi Emoji 2019 part 1

Ilustrasi Emoji 2019 part 2Emojipedia Ilustrasi Emoji 2019 part 2

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mashable
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com