Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langkah Awal Apple Melepaskan Ketergantungan iPhone

Kompas.com - 09/02/2019, 08:46 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber CNBC

KOMPAS.com - Apple disebut-sebut berencana membuat chip modem sendiri untuk perangkat miliknya, seperti iPhone dan iPad. Dua orang sumber yang akrab soal hal itu mengatakan bahwa Apple telah memindahkan divisi teknis chip dari unit pemasok ke unit grup teknologi hardware in-house.

Hal ini menjadi sinyal perusahaan asal Cupertino, AS itu akan mengembangkan komponen inti iPhone sendiri setelah bertahun-tahun bergantung pada pemasok luar. Selama ini, Apple mengandalkan pasokan chip modem dari Qualcomm.

Namun setelah terjadi sengketa paten, Apple pun beralih ke Intel tahun 2016. Hingga saat ini, perkara tersebut masih bergulir di meja hijau, meski Apple telah kalah di Jerman dan China yang mengharuskan mereka menarik beberapa iPhone model lawas dari pasaran.

Baca juga: Demi Bisa Jualan di Jerman, Apple Rela Ganti Jeroan iPhone

Kembali ke upaya Apple untuk membuat komponen intinya sendiri, Johny Srouji yang menjabat sebagai wakil presiden teknologi hardware, disebut telah mengambil alih langkah awal produksi desain modem Apple sejak Januari lalu.

Unit chip modem sebelumnya dikepalai oleh Rubén Caballero, di bawah eksekutif Dan Riccio, yang lebih banyak bertanggung jawab pada pengintegrasian rantai pasokan pada perangkat iPhone, iPad, dan Mac.

Apple masih enggan menanggapi kabar ini. Dilansir KompasTekno dari CNBC, Sabtu (9/2/2019), Apple telah membuka lowongan pekerjaan untuk teknisi modem di San Diego, yang dikenal memiliki bakat-bakat teknisi nirkabel andal, berkat markas besar Qualcomm yang telah berdiri sejak lama di sana.

Di sana pula Apple disebut akan membangun tenaga kerjanya.

Rencana Apple untuk membuat chip modem sendiri kemungkinan akan memakan waktu lama hingga bertahun-tahun. Sehingga belum bisa diketahui kapan dan untuk perangkat apa chip modem ini dibuat.

"Ketika Anda adalah Apple, semuanya harus baik. Tidak ada ruang untuk komponen substandar di dalam ponsel," jelas Linley Gwennap, presiden firma riset chip industri The Linley Group.

Chip modem menjadi komponen berbiaya besar bagi perangkat Apple. Investasi chip modem Apple diperkirakan para analis ratusan juta dollar tiap tahunnya.

Baca juga: Qualcomm Tak Mau Chip Buatannya Dipakai di iPhone XS, XR, dan XS Max

Menurut Bernstein, analis Stacy Rasgon, ongkos yang harus dikeluarkan Apple untuk setiap perangkat sekitar 15-20 dollar AS (sekitar Rp 200.000-300.000) atau total 3-4 miliar dollar AS (sekitar Rp 42-55 triliun) tiap tahunnya untuk iPhone.

Bisa jadi, Apple akan mengembangkan chip modem dengan chip prosesornya, sebagaimana yang dilakukan Samsung dan Huawei.

Kombinasi ini juga menghemat ruang dan daya tahan baterai, dua hal penting jika Apple ingin mengembangkan fitur augmented reality ke produknya kelak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com