Fitur "Smart Downloads" Netflix Hadir di iOS, Begini Cara Pakainya

Kompas.com - 11/02/2019, 11:34 WIB
Ilustrasi ikon Netflix iOSDigit.in Ilustrasi ikon Netflix iOS

KOMPAS.com - Netflix telah meluncurkan fitur "Smart Downloads" di platform Android beberapa waktu lalu. Kini, fitur Smart Downloads juga dihadirkan di platform iOS.

"Sekarang, pengguna aplikasi Netflix versi iOS bisa menikmati fitur 'Smart Downloads'," ujar pihak Netflix dalam e-mail pemberitahuannya.

Fitur Smart Downloads memungkinkan aplikasi Netflix menghapus sebuah episode serial TV yang sudah pengguna unduh setelah selesai ditonton, secara otomatis. Setelah dihapus, aplikasi Netflix akan mengunduh episode selanjutnya, juga secara otomatis.

Sebagai ilustrasi, jika pengguna telah mengunduh tiga episode dalam satu serial TV, misal Narcos: Mexico episode 6, 7, dan 8, maka setelah mereka selesai menonton episode 6, Netflix akan otomatis mengunduh episode ke-9.

Baca juga: Tontonan Netflix Bisa Dipamerkan di Instagram Stories, Begini Caranya

Fitur ini sebenarnya berguna untuk membikin lega kapasitas media penyimpanan ponsel/gadget, agar episode yang telah ditonton tak menghabiskan kapasitas storage.

Selain itu, fitur ini diterapkan Netflix demi memudahkan pengguna menonton episode baru tanpa repot-repot harus mengunduh file atau menghapus episode lama yang sudah ditonton secara manual.

Untuk menikmati kemudahan ini, pengguna iPhone/iPad diharuskan memperbarui aplikasi Netflix mereka di App Store dengan versi terbaru.

Lalu, bagaimana cara menggunakan fitur "Smart Downloads". Untuk mengaktifkan fitur tersebut, pengguna bisa membuka menu "Downloads" di aplikasi Netflix di iOS.

Pada bagian paling atas, pengguna bisa memilih dan mengaktifkan/menon-aktifkan fitur "Smart Downloads" seperti tampak pada gambar di bawah.

Ilustrasi menu fitur Smart Downloads NetflixBill Clinten/Kompas.com Ilustrasi menu fitur Smart Downloads Netflix

Pengguna juga bisa mematikan/menghidupkan fitur Smart Downloads dari menu "App Settings" yang bisa diakses melalui menu "More" dengan ikon "tiga garis menumpuk".

Pada tampilan "App Settings", terdapat pilihan "Smart Downloads" untuk diaktifkan atau dinon-aktifkan.

Ilustrasi menu App Settings di NetflixBill Clinten/Kompas.com Ilustrasi menu App Settings di Netflix

Perlu diingat, fitur ini hanya bisa bekerja ketika pengguna terhubung dengan jaringan Wi-Fi, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Digit.in, Senin (11/2/2019).

Ketika terkoneksi dengan jaringan Wi-Fi dan fitur Smart Downloads diaktifkan, aplikasi Netflix akan menghapus seluruh episode serial TV yang telah diunduh dan ditonton, serta menggantinya dengan episode baru.

Jangan lupa follow Twitter KompasTekno dan Facebook KompasTekno untuk mendapatkan berita-berita terbaru. Tak ketinggalan juga subscribe channel YouTube KompasTekno untuk menonton video-video seru seputar teknologi.

Baca juga: Netflix Sudah Bisa Diakses di IndiHome, Telkom Lepas Blokir?




Close Ads X