Hati-hati, Permainan Affinitweet di Twitter Bisa Ambil Data Pengguna

Kompas.com - 12/02/2019, 08:20 WIB
Halaman login AffinitweetAffinitweet Halaman login Affinitweet

KOMPAS.com —  Jelang hari Valentine, jagat Twitter tengah diramaikan sebuah permainan yang dapat mencarikan "jodoh" untuk pengguna.

Permainan bernama Affinitweet ini menggunakan algoritma tertentu untuk menentukan siapa jodoh kita di Twitter. 

Sejatinya, permainan ini dibuat hanya untuk kesenangan belaka seperti pada permainan-permainan yang marak di jejaring sosial Facebook.

Affinitweet dapat menghitung dan memberikan peringkat siapa saja rekan pengguna di Twitter yang paling aktif berinteraksi dengan pengguna.

Namun, penelusuran KompasTekno mendapati bahwa permainan ini ternyata dapat mengumpulkan informasi milik pengguna, seperti nama pribadi, nama pengguna, otentikasi token rahasia, hingga bahasa.

Menurut pihak Affinitweet, data tersebut digunakan untuk memberikan hasil yang akurat. Pada halaman Data & Privacy, Affinitweet juga menuliskan bahwa mereka dapat melihat timeline, tweet (kicauan), mentions, data followers, serta data following pengguna.

Baca juga: Hati-hati Ganti Nomor WhatsApp, Pesan Bisa Nyasar ke Orang Lain

Tak hanya itu, ketika pengguna masuk dan mulai memainkan Affinitweet, aplikasi tersebut juga akan meminta akses untuk membaca akun milik pengguna. Kendati demikian, pada halaman yang sama, Affinitweet menyatakan mereka hanya dapat membaca data, tapi tidak menyimpannya.

Halaman data dan privasi AffinitweetAffinitweet Halaman data dan privasi Affinitweet

"Kami menjelaskan semua yang kami lakukan dengan data yang kami kumpulkan dan proses di halaman Data dan Privasi kami. Namun, untuk mempersingkat, kami memulihkan dan menyimpan sesedikit mungkin. Kami tidak akan pernah mengomunikasikannya kepada siapa pun, selamanya," tulis mereka.

"Kami menggunakan token Anda untuk dapat memberikan hasil yang seakurat mungkin. Jadi, jika Anda mengikuti satu atau lebih pengguna dengan akun yang dilindungi, kami akan dapat memasukkan mereka dalam hasil," lanjut mereka.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X