Google Uji Coba Tampilan Mode Gelap di Chrome untuk Android

Kompas.com - 12/02/2019, 15:25 WIB
Ilustrasi Chrome versi AndroidUberGizmo Ilustrasi Chrome versi Android

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu Google diketahui telah menguji coba tampilan " Dark Mode" pada peramban Chrome versi Canary (beta) untuk Windows dan Mac. 

Kali ini Google dikabarkan mulai menerapkan mode interface serba gelap tersebut ke versi Android dari Chrome

Tepatnya, Dark Mode tengah dihadirkan pada Chrome Beta versi 73 untuk sistem operasi Android. Untuk sekarang nuansa gelap baru muncul di menu pop-up peramban.

Baca juga: Google Chrome Akan Mulai Blokir Iklan yang Mengganggu

Misalnya, dalam menu yang terbuka ketika pengguna meng-klik tautan di sebuah laman, seperti terlihat dalam ilustrasi di bawah.

Tampilan mode gelap pada Chrome Beta 739to5Google Tampilan mode gelap pada Chrome Beta 73

Tampak bahwa kotak menu berwarna abu-abu, bukan putih seperti biasanya. Tulisan opsi-opsi yang tersedia dalam menu seperti "Open in new tab", dan "Share link" berwarna putih di atas background gelap tersebut.

Namun, teks alamat URL dalam menu masih berwarna hitam sehingga sulit dibaca di atas latar belakang abu-abu. Warna teks ini mungkin akan disesuaikan di kemudian waktu.

Mode gelap pada Chrome Beta versi 73 bisa diaktifkan dengan menyalakan pilihan "Always On" di pengaturan Dark Mode di dalam setting ponsel.

Pilihan ini hanya tersedia di OS Android 9.0 Pie sehingga baru pengguna dengan sistem operasi terbaru itu yang bisa menjajal Dark Mode di Chrome.

Baca juga: Mode Gelap YouTube Hadir di Android

Chrome Beta versi 73 sudah bisa diunduh di Play Store, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9to5Google, Selasa (12/2/2019). Belum diketahui kapan versi final dari Chrome 73 akan dirilis ke publik.

Selain Chrome, Google telah menerapkan tampilan mode gelap di sejumlah aplikasi lain, termasuk YouTube dan Gboard.




Close Ads X