Google Bikin "Chip" Sendiri untuk Smartphone Pixel?

Kompas.com - 12/02/2019, 19:41 WIB
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Google dikabarkan tengah menggarap chip yang diproduksi secara mandiri oleh perusahaan. Chip ini disinyalir akan dipakai untuk seri smartphone Pixel besutan sang raksasa internet.

Hal tersebut terendus dari proses rekrutmen yang tengah dilakukan Google. Perusahaan ini diketahui telah merekrut sekitar 20 pegawai baru untuk tambahan anggota tim pengembangan bernama "gChips" di internal perusahaan.

Sebanyak 16 pegawai baru tersebut adalah para "veteran" dalam bidang pembuatan chip, sementara 4 orang lainnya berpengalaman di bidang rekrutmen dan pernah bekerja di perusahaan ternama seperti Intel, Qualcomm dan Nvidia Corp.

Baca juga: Google Luncurkan Pixel 3 dan Pixel 3 XL dengan Kamera Selfie Ganda

Seluruh pegawai tersebut akan dipekerjakan di wilayah Bengaluru, India. Para pegawai itu disinyalir akan menjadi pioneer dalam tim gChips yang tengah dibentuk.

Bengaluru sendiri telah menjadi sebuah kota yang jadi pusat pembuatan teknologi semikonduktor di India. Bahkan kota ini dijuluki sebagai "Sillicon Valley of India".

Tak heran jika Bengaluru menjadi pusat desain chip dalam beberapa tahun terakhir. Kota ini telah menjadi "rumah" bagi tim insinyur dari perusahaan semikonduktor dari seluruh dunia.

Dirangkum KompasTekno dari Reuters, Selasa (12/2/2019) Google sendiri tercatat belum pernah menapakkan jejaknya di kota Bengaluru.

Sehingga, kuat dugaan bahwa Google memang tengah mulai menjajaki industri chip semikonduktor dengan mendirikan tim pengembang di wilayah ini.

Baca juga: Google Bandingkan Foto Malam Hari iPhone XS dengan Pixel 3

Google sebenarnya tidak sepenuhnya baru dalam hal desain chip untuk ponsel. Pada Pixel 2 yang dirilis 2017 lalu, Google menanamkan Pixel Visual Core, sebuah chip co-prosesor yang dirancang untuk melakukan tugas-tugas terkait pengelolaan gambar.

Kemudian pada ponsel Pixel 3, Google juga menerapkan chip Pixel Visual Core generasi kedua yang antar lain berperan mengolah tangkapan gambar dalam mode Night Sight.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.