Kompas.com - 13/02/2019, 11:33 WIB

KOMPAS.com - Konferensi pengembang Apple atau yang biasa disebut Worldwide Developers Conference (WWDC) tahun ini dikabarkan bakal digelar pada tanggal 3-7 Juni. Acara tahunan Apple tersebut bakal diselenggarakan di San Jose McEnery Conference Center, California, AS.

Kabar ini dikonfirmasi dari sebuah sumber bahwa bakal ada event tahunan besar di McEnery Conference Center, San Francisco, yang bakal diselenggarakan pada minggu pertama bulan Juni nanti.

Ditambah lagi, Apple pun sepertinya tak mungkin menggelar WWDC minggu kedua atau keempat Juni di McEnery Convention Center.

Sebab, minggu-minggu tersebut sudah dipesan untuk acara lain yang sudah diumumkan tanggalnya, yakni O'Reilly Velocity Conference (10-13 Juni) dan Sensors Expo (25-27 Juni).

Pada ajang Apple WWDC, Apple biasanya memamerkan perkembangan terkait sistem operasi (OS) yang mereka buat untuk berbagai perangkat ekosistem Apple. Pada gelaran 2019 ini Apple bakal membeberkan informasi tentang iOS 13, MacOS 10.15, watchOS 6, dan tvOS 13.

Baca juga: Cara Balas Pesan Secara Rahasia di Grup WhatsApp iOS

Konferensi Apple biasanya memang digelar pada Juni setiap tahunnya. Apple juga biasanya menggunakan panggung McEnery setiap tahun, mulai dari tahun 2017, untuk WWDC.

Jika rumor ini benar, maka Apple agaknya ingin menggelar WWDC 2019 di tempat yang sama dengan penyelenggaraan yang mundur 1 hari dari tahun ke tahun.

Pasalnya, WWDC 2017 saja digelar pada tanggal 5-9 Juni silam di McEnery. Lalu, pada 2018, Apple sempat menggelar event serupa di tempat yang sama namun dengan tanggal yang berbeda, yaitu 4-8 Juni.

Pagelaran WWDC sendiri memang bukan acara untuk orang umum dan bebas dari biaya masuk. Tahun lalu, harga tiket masuk dibanderol 1.599 dollar AS (sekitar Rp. 22,4 juta).

Selain membayar tiket seharga puluhan juta rupiah, peserta pun harus mendaftarkan diri mereka melalui Apple Developer Program agar bisa dipilih secara acak oleh pihak Apple.

Terkait partisipan acara, pada ajang WWDC 2019 nanti, diprediksi bakal ada sekitar 7.000 orang peserta di acara WWDC, seirama dengan tahun lalu. Ribuan peserta itu mencakup 5.000 pengembang, 350 ahli WWDC, dan ratusan pekerja Apple serta awak media.

Meski begitu, hingga saat ini, pihak Apple pun belum membocorkan tanggal penyelenggaraan WWDC 2019.

Namun, menurut rumor, pihak Apple biasanya mengumumkan tanggal resmi event tersebut pada bulan Maret, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari MacRumors, Rabu (13/2/2019).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber MacRumors


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.