Klik Kanan di Gmail Bakal Makin Banyak Menunya

Kompas.com - 13/02/2019, 13:14 WIB
Logo Gmail.Google Logo Gmail.

KOMPAS.com - Google baru-baru ini memboyong pembaruan teranyar pada Gmail versi web. Pembaruan yang dilakukan Google adalah dengan menambah opsi pada menu "pop-up" yang akan muncul ketika pengguna melakukan klik kanan pada Gmail versi web.

Sebelumnya, pada saat pengguna memilih dan klik kanan pada sebuah e-mail, menu "pop-up" hanya berisi opsi "Move to tab", "Archive", "Mark as Read", dan "Delete".

Namun, setelah pembaruan itu digulirkan ke akun pengguna, mereka akan menemukan beberapa opsi tambahan dari "Reply" hingga "Snooze" e-mail, sebagaimana tampak pada ilustrasi gambar di bawah ini.

Ilustrasi menu klik kanan baru Gmail versi webTheVerge Ilustrasi menu klik kanan baru Gmail versi web

Tampak dari gambar, ada beberapa opsi baru seperti "Reply", "Forward", "Snooze", kolom pencarian e-mail, dan opsi untuk menampilkan e-mail di jendela baru.

Baca juga: Gmail Bisa Tarik E-mail yang Sudah Dikirim

Nantinya, jika pengguna ingin melakukan sesuatu kepada sebuah e-mail, seperti meneruskan (forward) sebuah pesan, maka pengguna hanya perlu mengklik kanan e-mail tersebut dan memilih opsi terkait pada menu "pop-up" yang muncul.

Misal, ketika pengguna ingin membalas pesan elektronik, pengguna tak harus memilih dan mengklik kiri e-mail tersebut demi memunculkan ikon panah "Reply".

Dengan pembaruan ini, pengguna dimudahkan dalam urusan balas-membalas pesan dengan hanya mengklik kanan dan memilih "Reply" untuk membalas sebuah e-mail

Fitur penambahan opsi pada menu "pop-up" sendiri bakal menyambangi pengguna Gmail pelanggan layanan GSuite mulai hari ini dan ke beberapa pengguna "Scheduled Release" pada 22 Februari mendatang.

Belum jelas kapan pengguna Gmail versi web gratis akan mendapatkan fitur tersebut. Namun, pembaruan Gmail ini disebut bakal diluncurkan oleh Google secara merata beberapa waktu ke depan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Rabu (13/2/2019).



Close Ads X