Tencent Tanam Modal Rp 2,1 Triliun di Reddit yang Diblokir di China

Kompas.com - 13/02/2019, 18:31 WIB
IlustrasiGizmodo Ilustrasi

KOMPAS.com - Situs forum online Reddit sudah sejak 2014 diblokir di Indonesia, lantas baru-baru ini juga dicekal di China. Namun, hal tersebut tak mengurungkan niat raksasa teknologi China, Tencent, untuk berinvestasi di Reddit.

Rumor pendanaan Reddit oleh Tencent sudah terendus sejak pekan lalu, tapi baru belakangan terkonfirmasi. Adapun nilai pendanaannya sebesar 150 juta dollar AS (Rp 2,1 triliun).

Tencent bergabung dalam seri pendanaan terbaru Reddit, bersama dengan beberapa investor lama seperti Snoop Dogg dan Sequoia. Total dana segar yang diterima Reddit senilai 300 juta dollar AS (Rp 4,2 triliun).

Valuasi Reddit pun menanjak ke angka 3 miliar dollar AS (Rp 42,2 triliun). Namun, agaknya banyak pengguna yang tak senang dengan masuknya investasi Tencent ke Reddit.

Baca juga: Mengenang Pendiri Situs Reddit yang Memilih Mengakhiri Hidupnya

Pengguna Reddit berbondong-bondong merespons pendanaan ini melalui meme bernada satir. Mereka khawatir Tencent mengubah kebijakan Reddit, di mana penyensoran bakal membatasi cara berekspresi dan berbagi informasi.

Mayoritas meme menggunakan gambar “Winnie the Pooh” yang dilarang di China karena dianggap menghina Presiden Xi Jinping. Pasalnya, banyak yang menilai sang beruang madu mirip dengan orang nomor satu di Negeri Tirai Bambu itu.

Selain Winnie the Pooh, banyak pula yang mengunggah kembali gambar ikonik “Tank Man” ketika terjadi pembantaian di Lapangan Tiananmen. Konten ini juga dilarang di China, sebagai bagian untuk menjaga netizen agar tak melawan pemerintah.

Baca juga: Lippo Group Umumkan Investasi Rp 628 Miliar di Tencent

“Saya pikir menyenangkan membagikan foto Tank Man sebelum tuan mulia yang baru (Xi Jinping) memutuskan kita tidak boleh membagikan konten ini lagi,” kata salah satu pengguna Reddit, sebagaimana dikutip KompasTekno, Rabu (13/2/2019), dari TheVerge.

Meski kekhawatiran ini wajar, perlu dicatat bahwa sudah banyak perusahaan Amerika Serikat yang ditanami modal dari China dan tak serta-merta terlilit masalah sensor.

Misalnya saja Spotify, Epic Games, dan Snap, yang semuanya didanai Tencent dan pengalaman pengguna tetap bebas sensor.




Close Ads X