Inikah Wujud Ponsel Layar Lipat Xiaomi?

Kompas.com - 13/02/2019, 19:54 WIB
Render 3D ponsel layar lipat XiaomiLets Go Digital Render 3D ponsel layar lipat Xiaomi

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, salah satu bos Xiaomi, Lin Bin memamerkan video singkat penampakan layar lipat Xiaomi.

Mulanya, perangkat yang dioperasikan tersebut berbentuk sebesar tablet. Kemudian Lin Bin melipat perangkat dalam tiga bagian sehingga menjadi seukuran smartphone.

Ia pun menampakan bagian muka dan punggung perangkat saat berada dalam mode smartphone. Video tersebut cukup menjadi bahan Let's Go Digital, situs gadget asal Belanda untuk membuat render 3D ponsel layar lipat Xiaomi.

Render disesuaikan dengan gambaran perangkat dalam video Lin Bin. Ketika layar dibentangkan, perangkat masih berwujud tablet yang sangat ramping dengan bingkai layar yang cukup tipis.

Baca juga: Pendiri Xiaomi Pamer Ponsel Lipat Bikinan Perusahaannya

Kemudian, ketika tablet berada dalam posisi landscape atau horizontal, sisi kanan dan kiri bisa dilipat, sehingga menyisakan bagian tengah seukuran  smartphone. Belum diketahui berapa bentang layar saat berukuran tablet dan saat berukuran smartphone.

Namun, saat berada dalam mode smartphone, ukuran layar relatif pendek dan lebar. Tampak dari render, perangkat ini tidaklah terlalu tebal ketika dilipat.

Tombol daya bisa ditemukan di sisi atas saat perangkat berada dalam mode smartphone, sementara bagian bawah digunakan sebagai rumah USB Type-C.

Render ponsel layar lipat XiaomiLets Go Digital Render ponsel layar lipat Xiaomi

Antarmuka MIUI untuk perangkat ini terbilang unik karena bisa berotasi dan menyesuaikan tampilannya dengan ukuran perangkat.

Satu hal yang masih menjadi pertanyaan adalah sektor kamera yang tak tampak di video tersebut. Xiaomi belum menjelaskan bagaimana nasib kamera depan dan belakang yang tertutup sebagian layar yang terlipat.

Bisa jadi Xiaomi menanamkan sensor kamera di bawah layar, meski saat ini belum ada vendor yang benar-benar meluncurkan inovasi seperti itu. 

Dirangkum KompasTekno dari Let's Go Digital, Rabu (13/2/2019), ponsel lipat Xiaomi masih berada dalam tahap pengembangan. Kemungkinan sang perangkat baru akan dirilis pada paruh kedua 2019. 

Baca juga: Xiaomi, Lenovo, dan Huawei Dikabarkan Gaet LG untuk Bikin Ponsel Lipat

Xiaomi menyebut bahwa mekanisme lipatan dan antarmuka MIUI untuk ponsel lipatnya dikembangkan oleh tim riset dan pengembangan Xiaomi sendiri. Sementara untuk layar lipatnya, Xiaomi menggandeng mitra lain.

"Setiap inovasi adalah hasil dari tim R&D dan peningkatan dari mitra pemasok serta produsen perangkat," jelas Xoami.

Ada dua kandidat nama yang sempat diumbar Lin Bin untuk perangkat ini, yakni Xiaomi Dual Flex dan Xiaomi Mix Flex. Lin Bin mengatakan ada rencana pihaknya untuk memproduksi masal ponsel layar lipat ini jika mendapat respon positif dari para Mi Fans secara online.



Close Ads X