Agoda dan Booking.com Bakal Bersatu di Aplikasi Grab?

Kompas.com - 14/02/2019, 08:59 WIB
Logo perusahaan teknologi penyedia aplikasi layanan on-demand Grab. KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWAN Logo perusahaan teknologi penyedia aplikasi layanan on-demand Grab.

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah mengandeng Hooq untuk memungkinkan pengguna menonton film dan serial TV lewat aplikasinya, perusahaan ride hailing Grab berencana memboyong layanan lain pada 2019 ini.

Layanan yang bakal diboyong oleh Grab adalah layanan perjalanan ( travel) dan kesehatan (medical).

President Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata mengatakan, pada ranah travel, Grab berniat memunculkan layanan tersebut lantaran salah satu investor mereka, yakni Booking Group, memang beroperasi di bidang itu.

"(Fitur) travel itu (akan didatangkan), karena Booking Group itu kelompoknya ada (situs travel) Booking.com dan Agoda.com," ujar Ridzki.

" Travel maksudnya untuk pemesanan produk travel-related (lewat Grab)," tambah Ridzki.

Baca juga: Pengguna Grab Bisa Gratis Nonton Hooq Selama 3 Bulan

Dengan kata lain, jika layanan travel nanti sudah ada di aplikasi Grab, maka pengguna bisa memesan produk yang berbau aktivitas perjalanan, seperti memesan hotel, langsung dari aplikasi Grab.

Sementara itu, untuk layanan kesehatan, Ridzki enggan berkomentar banyak terkait hal ini. Namun, dia menjanjikan bakal ada banyak solusi kesehatan yang bisa ditemukan di aplikasi Grab nantinya.

"Nanti ada beberapa layanan (kesehatan) yang bisa melalui aplikasi Grab, tentunya saya belum bisa buka sekarang," jelas Ridzki.

"Cuma (nantinya) banyak sekali solusi-solusi medical yang bisa dimanfaatkan lewat aplikasi Grab," tambah Ridzki.

Menjadi SuperApps

Penyatuan layanan tersebut dilakukan sebab Grab saat ini berambisi menjadi SuperApps terbesar di Asia Tenggara.

"Kami akan  (merambah) masuk lagi (untuk tetap menjadi) SuperApps dengan (memboyong) layanan travel dan medical," ujar Ridzki saat ditemui sejumlah awak media di bilangan Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Menurut Ridzki, SuperApps sendiri merupakan sebutan untuk aplikasi yang memiliki layanan yang bervariasi guna memudahkan pengguna aplikasi tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Saat ini, Grab sendiri sudah memiliki beberapa layanan yang tertanam di aplikasi Grab. Beberapa di antaranya adalah transportasi (Grab Bike/Car), makanan (GrabFood), delivery (GrabExpress), bahan makanan grosir (GrabGroceries), Pulsa, Bills, dan yang paling baru adalah Video.




Close Ads X