Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kualitas Video "Offline" YouTube Bakal Naik Jadi Full-HD?

Kompas.com - 14/02/2019, 16:15 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - YouTube akan semakin memanjakan pengguna mobile yang ingin menghemat kuota. Ada indikasi bahwa platform berbagi video tersebut akan meningkatkan resolusi video offline menjadi Full HD (1080p).

Untuk diketahui, mode offline memungkinkan pengguna untuk mengunduh atau menyimpan video untuk diputar belakangan sehingga menghemat kuota data internet.

Sejak dirilis tahun 2013 lalu, mode offline hanya menyasar pengguna YouTube premium saja dengan resolusi 360p dan 720p. Kemudian, tahun 2014, YouTube membukanya untuk pengguna non-premium dengan menambah pilihan resolusi 144p.

Baca juga: YouTube Uji Coba Fitur "Tag" untuk Rekomendasi Video

Peningkatan ke resolusi Full HD dikuak oleh Android Police dari hasil oprekan file instalasi Android (APK) dari aplikasi YouTube versi beta 14.06. Dari sini, terlihat sejumlah baris kode yang menunjukkan opsi untuk mengunduh video resolusi Full-HD (1080p).

Label untuk kualitas video berdasarkan resolusi juga berubah. Untuk pilihan 720p, labelnya bukan lagi "HD", melainkan "High".

File APK YouTube mengindikasikan resolusi Full HD 1080 akan muncul di mode offlineAndroid Police File APK YouTube mengindikasikan resolusi Full HD 1080 akan muncul di mode offline

Opsi mengunduh video 1080p ini agaknya belum tentu akan tersedia di semua ponsel. Ada sejumlah faktor yang bisa menentukan, seperti resolusi layar ponsel dan ketersediaan ruang kosong di media penyimpanan.

Baca juga: YouTube Perluas Cara Monetisasi untuk Kreator

Video Full-HD akan memakan tempat lebih banyak dibandingkan resolusi HD atau yang lebih rendah, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Android Police, Kamis (14/2/2019).

Adapun file APK untuk YouTube beta versi 14.06 dapat diunduh di APK Mirror lewat tautan berikut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com