Gen Z Indonesia Punya Minat Tinggi untuk Berkarir di Bidang Teknologi

Kompas.com - 14/02/2019, 19:53 WIB
Ilustrasi anak mudaThinkStock/ferlistockphoto Ilustrasi anak muda

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi Z ( Gen Z) Indonesia, sebutan anak muda yang lahir setelah tahun 1996, disebut punya minat tinggi untuk bekerja dengan disertai dukungan berbagai teknologi canggih.

Itulah salah satu temuan yang diungkapkan hasil riset bertajuk Gen Z: Masa Depan Telah Tiba, yang dilakukan oleh perusahaan teknologi, Dell EMC Indonesia.
 
"Gen Z Indonesia sangat berminat untuk bekerja di bidang teknologi," ujar Catherine  Lian, Managing Director Dell EMC Indonesia, saat ditemui dalam acara pemaparan riset di Jakarta, Kamis (14/2/2019).

Baca juga: Ketimbang "Chatting", Gen Z di Indonesia Lebih Suka Tatap Muka

Sebanyak 94 persen anak muda Gen Z Indonesia yang menjadi responden survei dalam penelitian menyatakan berminat terhadap pekerjaan yang berbau teknologi.

Lalu, 69 persen responden Gen Z Indonesia ini merasa optimis mereka sudah memiliki keterampilan teknologi yang bakal dibutuhkan di lingkungan pekerjaan.

Menurut Catherine, minat teknologi Gen Z Indonesia yang besar terhadap dunia teknologi ini berakar dari kebiasaan mereka yang sudah akrab dengan berbagai teknologi sedari kecil.

"Sekarang saja anak-anak kecil sudah tahu bagaimana mengoperasikan gadget, padahal tidak diajarkan oleh orang tuanya," jelas Catherine.

Baca juga: Lebih dari Separuh "Generasi Z" Kecanduan Ponsel

"Mereka mungkin mengamati kebiasaan orang tua mereka ketika sedang menggunakan gadget," pungkas Catherine.

Penelitian Gen Z: Masa Depan Telah Tiba melibatkan 12.086 responden  dari 17 negara. Sebanyak 723 di antaranya berasal dari Indonesia.

Responden diambil dari kalangan pelajar sekolah menengah dan perguruan tinggi yang berumur 16 - 23 tahun. Periode survei adalah dari bulan Agustus 2018 hingga September 2018.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X