Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Segera Luncurkan Pesaing Netflix?

Kompas.com - 15/02/2019, 08:41 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Bloomberg

KOMPAS.com - Perusahaan teknologi berbondong-bondong ingin menggeser dominasi Netflix di industri on-demand video streaming yang terus tumbuh. YouTube dan Amazon sedang melakukannya, lantas segera disusul Apple.

Kabar terbaru meyebutkan Apple bakal memperkenalkan layanan streaming besutannya pada acara peluncuran yang digelar 25 Maret mendatang. Namun, menurut sumber dalam, layanan itu baru akan tersedia secara luas pada pertengahan 2019.

Sudah cukup lama Apple sesumbar soal layanan video streaming bikinan sendiri, tetapi proses penggarapannya memang tak semudah membalikkan telapak tangan.

Baca juga: Tontonan Netflix Bisa Dipamerkan di Instagram Stories, Begini Caranya

Beberapa tahun terakhir, Apple gencar meneken kreator dan produser untuk memproduksi konten orisinil.

Apple pun sejatinya sudah mulai menyuguhi serial orisinil ke publik, semacam “Carpool Karaoke” dan “Planet of the Apps”. Keduanya dirilis melalui Apple Music dan sifatnya masih uji coba, mengingat Apple Music kodratnya dibuat untuk streaming musik.

Lantas, jika ingin menyaingi Netflix, apa yang membuat Apple lebih unggul? Jika hanya bertumpu pada konten orisinil, Apple bisa dibilang masih kalah.

Dilihat dari uang yang digelontorkan saja, Apple sejauh ini baru menghabiskan sekitar 1 miliar dollar AS (Rp 14 triliun) untuk memproduksi konten orisinil.

Sementara itu, Netflix sepanjang 2018 sudah menghabiskan 12,4 miliar dollar AS (Rp 173 triliun) demi memperkaya aneka konten yang diproduksi sendiri.

Baca juga: Netflix Disebut Belanja Konten Baru Rp 213 Triliun

Keunggulan Apple dibanding Netflix tak lain dan tak bukan adalah ekosistem. Apple memiliki banyak layanan hiburan lain semacam Apple Music dan TV App, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (14/2/2019), dari Bloomberg.

Di TV App, ada 100 jaringan televisi dan layanan video yang bisa ditonton pada satu antarmuka via iPhone, iPad, maupun Apple TV. Di antaranya ada HBO, FoxNow, Starz, CBS, NBC, dan sebagainya.

Apple bisa menjadikan ini sebagai peluang untuk memberikan penawaran menarik bagi pengguna. Skema bundling dan integrasi antar-layanan menjadi salah satu hal yang diharapkan.

Bentuk, skema, dan keunikan layanan video streaming Apple selengkapnya mungkin baru bisa diketahui bulan depan. Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com