Album Baru Ariana Grande Cetak Rekor di Apple Music

Kompas.com - 15/02/2019, 10:33 WIB
Ilustrasi Apple Music aradaphotography / Shutterstock.comIlustrasi Apple Music

KOMPAS.com - Penyanyi pop Ariana Grande memecahkan rekor baru di platform musik alir (streaming music) Apple Music. Tak tanggung-tanggung, lewat album anyarnya bertajuk "Thank You, Next", ia memecahkan dua rekor sekaligus.

Kedua rekor tersebut adalah album pop paling banyak diputar, dan penyanyi wanita pertama dengan lagu paling banyak diputar saat debut di Apple Music. Sayangnya, tidak ada catatan angka terkait rekor ini, sebagaimana pengumuman rekor di Apple Music sebelumnya.

Tidak hanya Ariana saja yang diuntungkan dari larisnya albumnya, Apple Music pun mendulang mujur dari pertumbuhan basis pelanggan (subscriber) yang signifikan. Namun, lagi-lagi Apple tidak mengumbar berapa peningkatan jumlah pelanggan saat ini.

Ini bukan kali pertama Apple Music memamerkan rekor streaming di platformnya. Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Jumat (15/2/2019), Apple memang kerap merilis rekor streaming yang diperoleh para artis di platformnya.

Baca juga: Jumlah Pelanggan Berbayar Spotify Ungguli Apple Music

Kemungkinan, hal tersebut menjadi salah satu cara Apple Music untuk menunjukan kemampuannya menyukseskan promosi lagu atau album baru para artis besar. Pada Juni 2018 lalu misalnya, Apple Music mengumumkan rekor yang dicetak penyanyi Drake.

Rapper tersebut mencatatkan rekor sebagai album paling banyak diputar saat debut dengan 170 juta streaming mengalahkan rekor yang dipegang band rock Scropion sebelumnya. Bulan Aprli lalu, Apple juga mengumumkan rekor penyanyi Cardi B.

Ia berhasil mengungguli Taylor Swift sebagai penyanyi wanita yang lagunya paling banyak di-streaming dalam pekan pertama perilisan, dengan total 100 juta streaming. Rekor demi rekor ini tak cuma ditujukan bagi para artis semata.

Secara tersirat, pengumuman ini menunjukan bahwa Apple Music terus tumbuh meski ada pesaing platform streaming musik lain yakni Spotify.

Bulan lalu, Apple Music mengkalim memiliki 56 juta pelanggan yang terdiri dari pelanggan berbayar dan yang mengambil percobaan gratis (free trial).

Apple juga sedang bekerja sama dengan Verizon untuk mendongkrak jumlah pelanggan gratisan. Pelanggan bisa menikmati free trial selama enam bulan, khusus bagi pengguna pascabayar Verizon di Amerika Serikat.

 

 



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X