Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Peluncuran, Xiaomi Sebar Foto Mi 9

Kompas.com - 15/02/2019, 14:01 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com — Xiaomi akan meluncurkan smartphone flagship anyarnya, Mi 9, di China, pada 20 Februari. Tanggal itu konon sengaja diatur agar sama dengan jadwal perkenalan Galaxy S10 dari Samsung.

Kurang dari sepekan peluncuran, CEO Xiaomi Lei Jun mengumbar sejumlah foto yang menampakkan sosok Mi 9. Tak hanya foto, Lei Jun juga mengunggah video promosi flagship tersebut. Senior Vice President Xioami, Wang Xiang, turut membagikannya ke Twitter.

Baca juga: Xiaomi Mi 9 Meluncur di Hari yang Sama dengan Samsung Galaxy S10

Sejumlah peningkatan dibandingkan model flasghip Mi 8 sebelumnya terlihat jelas di sejumlah sektor, terutama kamera. Xiaomi mematrikan triple camera di punggung Mi 9.

Tiga kamera tersebut terdiri dari kamera utama 48 megapiksel dengan sensor Sony IMX586, kamera kedua 12 megapiksel, dan kamera ketiga yang berfungsi sebagai sensor 3D ToF (time of light).


Sementara untuk keperluan selfie, kabarnya Mi 9 akan dibekali kamera 24 megapiksel sensor Sony IMX576. Selain susunan tiga kamera secara vertikal, tampilan punggung Mi 9 juga berbeda, dipulas dengan warna biru mengilap dengan aksen hijau.

"Kami menggunakan teknologi ukiran laser holograf nano-level dan lapisan nano berlapis ganda untuk menciptakan warna yang unik dan indah ini," tulis Wang dalam kicauannya di Twitter.

Xiaomi juga memberikan desain baru di bagian depan, yakni waterdrop screen atau layar yang memiliki notch serupa dengan tetesan air. Layar Mi 9 berdiagonal 6,4 inci dengan panel AMOLED yang memiliki sensor pemindai sidik jari di dalam layar (in-display fingerprint).

Baca juga: Daftar "Smartphone" dengan Radiasi Tertinggi, Xiaomi Mi A1 Teratas

Di sektor dapur pacu, Mi 9 akan ditenagai Snapdragon 855 yang dipadu dengan kapasitas RAM 8 GB dan media penyimpanan 128 GB. Bagian baterai berkapasitas 3.500 mAh yang didukung dengan pengisi daya cepat dengan keluaran daya 27W.

Perangkat ini akan menjalankan OS Android 9 Pie yang dilapisi antarmuka MIUI 10. Dirangkum KompasTekno dari Gadgets 360, Jumat (15/2/2019), Xiaomi akan memajang Mi 9 dalam agenda Mobile World Congress tanggal 24 Februari di Barcelona, Spanyol.

Kabarnya, tanggal tersebut bakal menjadi peluncuran Mi 9 secara global setelah diluncurkan di China pada 20 Februari. Video promosi Mi 9 yang diunggah Lei Jun bisa disimak di tautan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com