Pengguna iOS Akhirnya Kebagian WhatsApp Business

Kompas.com - 18/02/2019, 13:08 WIB
WhatsApp Business WahyunandaWhatsApp Business

KOMPAS.com - Setelah meluncur dalam versi Android pada 2018 lalu, kini WhatsApp Business hadir untuk pengguna iOS dalam versi beta. Fungsinya sama seperti WhatsApp standar, hanya saja dilengkapi beberapa fitur untuk menunjang bisnis.

Hal ini pertama kali diumbar WABetaInfo, yakni situs khusus untuk mengupas dan mengumbar fitur-fitur yang tengah dikembangkan WhatsApp. Karena judulnya masih “beta”, maka baru segelintir orang yang bisa menjajal WhatsApp Business di iOS.

“Setelah peluncuran WhatsApp Business untuk Android, banyak yang bertanya soal dukungan di iOS. Kami tak tahu alasan WhatsApp mendahulukan Android, mungkin karena penggunanya lebih banyak di sana,” begitu tertera pada WABetaInfo.

“Namun kini kami senang mengumumkan bahwa versi iOS akhirnya tersedia secara beta,” situs tersebut menambahkan.

Baca juga: WhatsApp Business Segera Hadir di iPhone, Ini Syarat Minimumnya

Pengguna yang berminat harus mengikuti program beta melalui laman “TestFlight”. Saat ini kuotanya sudah penuh, sehingga yang belum dapat kesempatan harus menunggu hingga WhatsApp Business di iOS diresmikan secara massal.

Fitur-fitur di WhatsApp Business untuk iOS

Sama seperti versi Android, WhatsApp Business di iOS dilengkapi fitur yang mempermudah bisnis besar atau UMKM untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka. Konsepnya kurang lebih sama dengan “Line@“ buatan Line.

Pebisnis bisa menyetel balasan otomatis untuk pertanyaan serupa yang dilontarkan pelanggan. Pesan otomatis juga bisa diatur untuk menyambut pelanggan baru atau pelanggan lama yang dalam 14 hari tak aktif berinteraksi.

Selain itu, pebisnis juga bisa melihat statistik pesan terkirim dan pesan diterima oleh masing-masing pelanggan. Dengan begitu, pengaturan alur interaksi ke pelanggan bisa disesuaikan, tak terlalu jarang dan tak terlalu sering.

Baca juga: Apa Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger?

Beberapa fitur lain yang juga membedakan WhatsApp Business dan versi standar adalah penambahan nomor telepon rumah dan kantor, pemilihan kategori bisnis, serta ada centang hijau untuk menandai akun yang terverifikasi.

Cara mengaktifkan akun WhatsApp Business

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber digit.in
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X