Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Batasi Akses Konten Film di Netflix dengan PIN

Kompas.com - 18/02/2019, 20:17 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Netflix merupakan layanan streaming video yang menawarkan beragam konten untuk semua umur. Netflix juga mengizinkan penggunanya untuk mengatur jenis akun di layanan tersebut, seperti akun "dewasa" untuk orangtua, dan akun anak-anak.

Nah, Netflix pun memiliki fitur keamanan pada profil pengguna dewasa, untuk membatasi akses konten ke akun anak-anak dengan menggunakan sistem PIN.

Bagaimana cara mengaktifkannya? Simak tips yang dirangkum KompasTekno dari keterangan tertulis yang diterima, Senin (18/2/2019), berikut ini. 

Pertama, login akun Netflix dari browser di PC. Pada antarmuka layanan Netflix, pengguna bisa mengklik ikon avatar yang berada pada pojok kanan atas layar kemudian pilih menu "Akun". Perlu dicatat, pengaturan ini hanya bisa diakses ketika profil pengguna adalah akun “dewasa”.

Baca juga: Fitur Smart Downloads Netflix Hadir di iOS, Begini Cara Pakainya

Ilustrasi Profil Dewasa di Netflix Rilis Netflix Ilustrasi Profil Dewasa di Netflix

Setelah dipilih, akan muncul halaman pengaturan akun. Di sini, gulir halaman tersebut ke bawah dan pilih menu “Kontrol orang tua” pada sub-menu “Pengaturan”.

Ilustrasi menu Kontrol Orang Tua di NetflixRilis Netflix Ilustrasi menu Kontrol Orang Tua di Netflix

Selang beberapa waktu, pengguna akan diminta untuk memasukkan sandi akun Netflix-nya masing-masing. Masukkan sandi yang serupa saat pengguna login ke layanan Netflix. 

Ilustrasi kolom password pada Kontrol Orang Tua NetflixRilis Netflix Ilustrasi kolom password pada Kontrol Orang Tua Netflix

Setelah memasukkan sandi, pengguna akan disodorkan dengan tampilan PIN. Masukkan 4 digit angka yang mudah diingat lalu klik tombol “Simpan”.

Jika dilihat-lihat, di bawah kotak PIN, ada pengaturan yang masih diburamkan. Pengaturan tersebut bakal terlihat jelas ketika pengguna menyimpan PIN. 

Ilustrasi PIN pada pengaturan Kontrol Orang TuaRilis Netflix Ilustrasi PIN pada pengaturan Kontrol Orang Tua

Setelah memasukkan dan menyimpan PIN, menu buram yang di bawah tadi akan bisa diatur lebih lanjut.

Di sini, ada beberapa pengaturan dengan tajuk "Batasi menurut Tingkat Usia". Pada sub-menu tersebut, tersedia empat tingkatan pula, mulai dari anak kecil (semua umur), pra-remaja (7 tahun ke atas), remaja (13 tahun ke atas), dan dewasa (16 tahun ke atas). 

Untuk membatasi konten dengan sistem PIN "Kontrol Orang Tua", pengguna tinggal menggeser "lingkaran hijau" yang ada di atas masing-masing tingkatan.

Ilustrasi pengaturan kontrol konten di NetflixRilis Netflix Ilustrasi pengaturan kontrol konten di Netflix

Nantinya, setelah digeser ke tingkatan tertentu, seperti "Anak Kecil", maka akun "anak-anak" yang berada di bawah akun "dewasa" harus memasukkan PIN yang sudah disimpan oleh akun "dewasa".

PIN tersebut akan diminta ketika profil "anak-anak" mau menonton konten yang rating usianya berada satu tingkat di atasnya, misal untuk menonton konten "Pra-remaja".

Baca juga: Tontonan Netflix Bisa Dipamerkan di Instagram Stories, Begini Caranya

Selain membatasi konten berdasarkan umur, PIN juga bisa digunakan untuk membatasi akses ke judul tontonan tertentu apa pun rating usianya.

Caranya, pengguna tinggal memasukan judul tontonan tersebut di laman pengaturan "Kontrol Orang Tua" dengan sub-menu "Batasi Judul Tertentu".

Jika sudah diatur, siapa pun yang ingin mengakses tontonan tersebut harus memasukkan PIN yang sudah diatur dan disimpan oleh profil "dewasa".

Begitulah sekiranya langkah-langkah untuk mengatur PIN di layanan Netflix. Dengan memasang sistem PIN, pengguna pun tak perlu takut dan khawatir ketika anggota keluarga mereka, termasuk anak-anak, menikmati berbagai tayangan hiburan yang tersedia di Netflix.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com