Cara Batasi Akses Konten Film di Netflix dengan PIN

Kompas.com - 18/02/2019, 20:17 WIB
Ilustrasi Konten Netflix untuk Anak-Anak Rilis NetflixIlustrasi Konten Netflix untuk Anak-Anak

KOMPAS.com - Netflix merupakan layanan streaming video yang menawarkan beragam konten untuk semua umur. Netflix juga mengizinkan penggunanya untuk mengatur jenis akun di layanan tersebut, seperti akun "dewasa" untuk orangtua, dan akun anak-anak.

Nah, Netflix pun memiliki fitur keamanan pada profil pengguna dewasa, untuk membatasi akses konten ke akun anak-anak dengan menggunakan sistem PIN.

Bagaimana cara mengaktifkannya? Simak tips yang dirangkum KompasTekno dari keterangan tertulis yang diterima, Senin (18/2/2019), berikut ini. 

Pertama, login akun Netflix dari browser di PC. Pada antarmuka layanan Netflix, pengguna bisa mengklik ikon avatar yang berada pada pojok kanan atas layar kemudian pilih menu "Akun". Perlu dicatat, pengaturan ini hanya bisa diakses ketika profil pengguna adalah akun “dewasa”.

Baca juga: Fitur Smart Downloads Netflix Hadir di iOS, Begini Cara Pakainya

Ilustrasi Profil Dewasa di Netflix Rilis Netflix Ilustrasi Profil Dewasa di Netflix

Setelah dipilih, akan muncul halaman pengaturan akun. Di sini, gulir halaman tersebut ke bawah dan pilih menu “Kontrol orang tua” pada sub-menu “Pengaturan”.

Ilustrasi menu Kontrol Orang Tua di NetflixRilis Netflix Ilustrasi menu Kontrol Orang Tua di Netflix

Selang beberapa waktu, pengguna akan diminta untuk memasukkan sandi akun Netflix-nya masing-masing. Masukkan sandi yang serupa saat pengguna login ke layanan Netflix. 

Ilustrasi kolom password pada Kontrol Orang Tua NetflixRilis Netflix Ilustrasi kolom password pada Kontrol Orang Tua Netflix

Setelah memasukkan sandi, pengguna akan disodorkan dengan tampilan PIN. Masukkan 4 digit angka yang mudah diingat lalu klik tombol “Simpan”.

Jika dilihat-lihat, di bawah kotak PIN, ada pengaturan yang masih diburamkan. Pengaturan tersebut bakal terlihat jelas ketika pengguna menyimpan PIN. 

Ilustrasi PIN pada pengaturan Kontrol Orang TuaRilis Netflix Ilustrasi PIN pada pengaturan Kontrol Orang Tua

Setelah memasukkan dan menyimpan PIN, menu buram yang di bawah tadi akan bisa diatur lebih lanjut.

Di sini, ada beberapa pengaturan dengan tajuk "Batasi menurut Tingkat Usia". Pada sub-menu tersebut, tersedia empat tingkatan pula, mulai dari anak kecil (semua umur), pra-remaja (7 tahun ke atas), remaja (13 tahun ke atas), dan dewasa (16 tahun ke atas). 

Untuk membatasi konten dengan sistem PIN "Kontrol Orang Tua", pengguna tinggal menggeser "lingkaran hijau" yang ada di atas masing-masing tingkatan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X