Galaxy Fold Resmi Meluncur, Ponsel Layar Lipat Pertama Samsung

Kompas.com - 21/02/2019, 02:44 WIB
Samsung Galaxy Fold resmi meluncur di ajang Galaxy Unpacked 2019, San Francisco, Amerika Serikat.Kompas.com/Oik Yusuf Samsung Galaxy Fold resmi meluncur di ajang Galaxy Unpacked 2019, San Francisco, Amerika Serikat.

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com — Setelah ditunggu bertahun-tahun, Samsung akhirnya resmi meluncurkan ponsel layar lipat pertamanya, Galaxy Fold.

"Galaxy Fold adalah salah satu perangkat yang mewah," kata Justin Denison, SVP Product Marketing Samsung saat meluncurkan Galaxy Fold, dalam acara "Galaxy Unpacked" di San Francisco, AS, Kamis (21/2/2019).

Wujud Samsung Galaxy Fold sama dengan purwarupa yang sempat diumbar Samsung pada November 2018. Ada dua layar yang digunakan, yakni dua layar ponsel 4,6 inci yang jika dibentangkan akan menjadi tablet 7,3 inci.

Layar kecil tersebut akan menjadi bagian depan ketika ponsel dilipat. Ponsel ini akan dibekali total enam kamera. Tiga kamera belakang, dua kamera di dalam, dan satu kamera ada di layar depan.

Baca juga: LG Tunda Produksi Ponsel Layar Lipat, Sebut Masih Terlalu Dini

Samsung Galaxy Fold resmi meluncur di ajang Galaxy Unpacked 2019, San Francisco, Amerika Serikat.Kompas.com/Oik Yusuf Samsung Galaxy Fold resmi meluncur di ajang Galaxy Unpacked 2019, San Francisco, Amerika Serikat.
Samsung belum menjelaskan konfigurasi kamera Galaxy Fold saat acara peluncuran. Tampak di sisi atas layar bagian kanan sebuah notch atau poni yang memanjang sebagai tempat kamera ganda dan sensor depan.

Selain notch, di sisi bawah layar kanan juga terdapat colokan USB-C, sementara speaker terletak di sisi bawah layar sebelah kiri. Sensor pemindai sidik jari berada di sisi kanan saat perangkat berada dalam mode smartphone.

CEO Samsung, DJ Koh, memamerkan inovasi Galaxy Fold di ajang Galaxy Unpacked 2019, San Francisco, Amerika Serikat. Kompas.com/Reza Wahyudi CEO Samsung, DJ Koh, memamerkan inovasi Galaxy Fold di ajang Galaxy Unpacked 2019, San Francisco, Amerika Serikat.

Denison menjelaskan Samsung Galaxy Fold mengusung fitur three app multitasking di mana pengguna bisa mengoperasikan tiga aplikasi sekaligus dalam satu layar. Dalam sebuah demo, ia menunjukkan fitur ini untuk membuka aplikasi WhatsApp, browser, dan YouTube sekaligus.

Fitur lain yang disematkan adalah app continuity yang memuluskan antarmuka dari mode smartphone ke mode tablet.

Samsung Galaxy Fold memiliki kapasitas RAM 12 GB dan memori internal 512 GB, yang didukung dua baterai. Galaxy Fold tersedia dalam empat varian warna, yakni hitam, silver, hijau, dan biru.

Harga Galaxy Fold dibanderol mulai 1.980 dollar AS atau sekitar Rp 27,8 jutaan, tergantung wilayah. Ponsel layar lipat pertama Samsung ini akan hadir dalam varian 5G serta 4G dan bisa dibeli mulai 26 April 2019.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X