Membandingkan Galaxy S9 dan Galaxy S10, Haruskah "Upgrade"?

Kompas.com - 22/02/2019, 19:43 WIB
Dua kamera depan Galaxy S10 Plus.
KOMPAS.com/ OIK YUSUFDua kamera depan Galaxy S10 Plus.

KOMPAS.com - Galaxy S10 baru saja diluncurkan dengan membawa sejumlah peningkatan dibandingkan pendahulunya, yakni Galaxy S9. Bisa dibilang kali ini Samsung benar-benar total berinovasi di segala aspek, mulai desain, kamera, hingga performa.

Jika Anda adalah pengguna Galaxy S9 dan tengah berpikir untuk upgrade ke Galaxy S10, berikut beberapa perbedaan kedua lini yang dirangkum KompasTekno.

Desain dan layar

Bahasa desain Galaxy S10 tampak segar dengan mengusung layar "Infinity-O", yakni layar penuh (full-screen) dengan secuil lubang kamera (punch-hole). Berbeda dengan Galaxy S9 yang layarnya terkesan lebih sempit karena dibalut bingkai tebal pada sisi atas.

Dengan begitu, rasio screen-to-body kedua ponsel pun berbeda. Galaxy S9 memiliki screen-to-body ratio sebesar 83,6 persen, sementara Galaxy S10 88,3 persen.

Ukuran Galaxy S10 pun cenderung lebih besar, versi regulernya 6,1 inci. Sementara pada Galaxy S9, versi regulernya cuma 5,8 inci. Jenisnya juga sudah meningkat, di mana Galaxy S10 mengandalkan "Dynamic AMOLED", sementara Galaxy S9 baru "Super AMOLED".

Baca juga: Melihat Perbandingan Trio Galaxy S10, S10+, dan S10e

Konfigurasi Kamera

Untuk urusan fotografi, kamera utama kedua ponsel sama-sama mengusung teknologi dual-aperture dari Samsung. Meski begitu, jumlah kamera yang tersemat di Galaxy S10 lebih banyak daripada Galaxy S9.

Seperti diketahui, Galaxy S9 hanya dibekali dengan satu modul kamera beresolusi 12 megapiksel. Sementara Galaxy S10 mengusung konfigurasi triple-camera, alias tiga kamera, di punggungnya. Kamera tersebut masing-masing beresolusi 12 MP, 12 MP (telephoto), dan 16 MP (ultra-wide angle).

Untuk urusan selfie, kamera depan Galaxy S10 sudah mengandalkan sensor berkualitas 10 megapiksel, sedangkan Galaxy S9 masih 8 megapiksel. Khusus di Galaxy S10+, kamera depannya ada dua, memadankan kualitas 10 megapiksel dan 8 mengapiksel.

Baca juga: Ini Perbedaan Kamera Galaxy S10, S10 Plus, dan S10e

CPU, RAM, dan storage

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X