Tombol Bixby di Galaxy S10 Bisa untuk Buka WhatsApp

Kompas.com - 23/02/2019, 15:32 WIB
Ilustrasi penggantian aplikasi lewat tombol Bixby TheVergeIlustrasi penggantian aplikasi lewat tombol Bixby

KOMPAS.com - Sejak era Galaxy S8 hingga sekarang, Samsung menyediakan tombol akses khusus (dedicated) untuk memanggil asisten digital Bixby. Sebelumnya, tombol itu tak bisa dialih-fungsikan, melainkan cuma bisa dinonaktifkan jika pengguna merasa tak perlu.

Kini, di Galaxy S10, tombol Bixby memiliki fungsi yang lebih kaya, yakni sebagai pintasan ke aplikasi pihak ketiga. Salah satu contohnya, pengguna bisa menekan tombol Bixby untuk membuka aplikasi WhatsApp.

Akses pintasan ini bisa disetel pada pengaturan Bixby. Samsung akan meminta pengguna mengatur aplikasi apa yang ingin dibuka dengan klik satu kali atau dua kali tombol Bixby, seperti tertera pada gambar di bawah ini.

Ilustrasi pengaturan Bixby keyTheVerge Ilustrasi pengaturan Bixby key

Jika pengguna hanya mengatur satu aplikasi agar bisa dibuka dengan tombol Bixby lewat satu kali tekan, maka layanan Bixby Feed akan mengisi fungsi tombol dua kali tekan, begitu juga sebaliknya.

Oleh karena itu, sebaiknya isi dua opsi dengan aplikasi yang pengguna mau agar tidak direpotkan dengan tampilan antarmuka Bixby Feed yang dipicu oleh penekanan tombol yang tidak disengaja.

Meski bisa diatur, jika pengguna menekan dan menahan (hold) tombol Bixby beberapa lama, ponsel akan tetap membuka layanan Bixby Voice. Dengan kata lain, mekanisme hold pada tombol Bixby memang belum bisa dialih-fungsikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sayangnya, untuk saat ini, hanya Galaxy S10 saja yang bisa mengalih-fungsikan tombol Bixby, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TheVerge, Kamis (21/2/2019).

Belum diketahui apakah ponsel Samsung sebelum Galaxy S10, seperti Galaxy Note 9 atau Galaxy S9+, bakal memiliki fungsi yang sama lewat pembaruan software atau tidak. Kita tunggu saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.