Kompas.com - 23/02/2019, 18:02 WIB
Ilustrasi iklan di smartphone shutterstockIlustrasi iklan di smartphone

KOMPAS.com - Pengguna Android seringkali dibuat kesal dengan beragam iklan yang muncul di sebagian besar aplikasi yang terpasang. Berbagai macam iklan bisa ditemukan di beberapa aplikasi, seperti aplikasi game, browser, atau aplikasi berbagi video.

Munculnya iklan seringkali menghalangi layar. Terkadang, pengguna bisa tidak sengaja mengklik iklan tersebut. Untungnya, ada cara untuk menghalau iklan-iklan mengganggu semacam itu.

Salah satunya dengan memasang aplikasi pemblokir iklan di perangkat. Aplikasi pemblokir iklan tidak mudah ditemukan di Google Play Store. Sebab, menurut kebijakan Google, aplikasi pemblokir iklan merupakan aplikasi pengganggu, merusak, dan mengacaukan cara kerja aplikasi lain.

Karena itulah, dibutuhkan platform pihak ketiga untuk bisa memasang aplikasi pemblokir iklan. Beberapa aplikasi pemblokir iklan juga tidak gratis, meski ada pula yang bisa diunduh secara cuma-cuma.

Menurut Android Authority, sebagaimana dilansir KompasTekno, Selasa (19/2/2019), aplikasi pemblokir iklan yang komprehensif adalah yang membutuhkan root atau yang membutuhkan setup agak rumit di perangkat. Berikut lima aplikasi pemblokir iklan yang bisa dimanfaatkan pengguna ponsel Android.

1. AdAWay

Aplikasi pembokir iklan AdAwayAplikasi pembokir iklan AdAway Aplikasi pembokir iklan AdAway

Aplikasi AdAway menggunakan host yang dimodifikasi untuk mengirim semua ad request ke 12.0.01. Ad request akan dihitung ketika situs pengguna meminta iklan untuk ditampilkan ke layar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan kata lain, cara kerja AdAway adalah "mengusir" iklan ke suatu tempat sehingga tidak muncul di layar. Aplikasi ini mendukung host yang dimodifikasi, bisa juga mengunduh basis aplikasi itu sendiri.

File host disimpan ke dalam bagian read-only di sistem Android. Itu berarti, untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna harus melakukan root perangkat. Meskipun aplikasi ini gratis, pengguna juga bisa berdonasi untuk mendukung para pengembangnya.

AdAway tidak bisa diunduh melalui Play Store, tapi bisa diunduh melalui Open Sorce F-Droid di tautan berikut. Sehingga pengguna harus mengoprek perangkat untuk memasang AdWay.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.