Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi, Nokia 9 PureView Ponsel Pertama dengan 5 Kamera

Kompas.com - 25/02/2019, 09:44 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Fatimah Kartini Bohang

Tim Redaksi

Sumber BGR

KOMPAS.com - Berbulan-bulan menjadi rumor, Nokia 9 PureView akhirnya resmi meluncur pada Minggu (24/2/2019) kemarin, di Barcelona, Spanyol. Inovasi utamanya terletak pada konfigurasi lima kamera utama, persis seperti bocoran selama ini.

Nokia 9 PureView seakan mematok standar baru di industri smartphone. Ketika vendor lain masih sibuk memamerkan ponsel dengan tiga atau empat kamera, Nokia langsung meloncat menjadi yang pertama dengan lima kamera.

Desain letak kameranya juga unik, bukan horizontal atau vertikal, melainkan zig-zag. Berdampingan dengan kamera, gerdapat LED Flash dan sensor time-of-flight untuk menjamin kedalaman foto.

Kelima kamera Nokia 9 PureView menggunakan sensor buatan Zeiss. Masing-masing memiliki kualitas yang sama, yakni 12 magapiksel dan bukaan diafragma f/1.8. Tiga kameranya memuat lensa monokrom, sementara dua lainnya RGB.

Baca juga: LG Tunda Produksi Ponsel Layar Lipat, Sebut Masih Terlalu Dini

Nokia mengatakan tiap kamera bisa menangkap exposure yang berbeda untuk menambah data pada hasil foto. Secara teori, cara kerja tersebut memungkinkan hasil foto dengan detail dan warna yang tajam.

Selain dengan Zeiss, Nokia juga berkolaborasi dengan Light, perusahaan fotografi digital asal Amerika Serikat. Kerja sama itu dengan memakai chip Lux Capacitor buatan Light untuk mengontrol fungsi kelima kamera.

Nokia sesumbar smartphone teranyarnya bisa mengambil gambar dengan format RAW. Dengan begitu, pengguna bisa mengotak-atik gambar sesuai kehendak.

Di bagian depan, Nokia 9 PureView menyematkan kamera selfie tunggal dengan resolusi 20 megapiksel, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (25/2/2019), dari BGR.

Baca juga: 5G Belum Rampung, LG Sudah Mulai Riset 6G

Nokia 9 PureView diotaki Snapdragon 845 yang dipadu dengan RAM 6 GB dan memori internal 128 GB. Ponsel ini mengusung layar OLED dengan diagonal layar 5,99 inci beresolusi 2K.

Di dalam layar tersebut tertanam pula sensor pemindai sidik jari sebagai sistem keamanan.
Smartphone ini mendukung kemampuan NFC, pengisian daya nirkabel, dan port USB-C. Sayangnya, colokan headphone jack 3.5mm harus absen di ponsel ini.

Ada juta sertifikat IP67 yang berarti, secara teori, ponsel ini mampu bertahan ketika terendam air berkedalaman maksimum satu meter selama setengah jam. Tidak hanya itu, layarnya juga dilindungi Gorilla Glass 5.

Nokia 9 PureView dibekali baterai 3.320 mAh dan dijalankan dengan sistem operasi Android murni versi Pie. Hanya akan tersedia satu jenis warna yakni midnight blue yang dijual mulai dari 699 dollar AS (9,8 jutaan). Rencananya, ponsel ini akan mulai dipasarkan bulan Maret.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BGR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com