Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Ponsel Zoom Optik 10x Oppo di Barcelona

Kompas.com - 25/02/2019, 14:31 WIB
Reska K. Nistanto,
Fatimah Kartini Bohang

Tim Redaksi

BARCELONA, KOMPAS.com - Oppo memperkenalkan teknologi zoom optik 10x (10x lossless zoom) di acara Innovation Event 2019 di Barcelona, Spanyol, Sabtu (23/9/2019) lalu. Teknologi itu bakal disematkan di lini ponsel Oppo berikutnya.

Dalam acara peluncuran, Oppo bahkan sudah memiliki prototipe ponsel yang dipasangi teknologi zoom optik 10x tersebut. KompasTekno berkesempatan menjajalnya usai acara peluncuran.

Seperti apa rupa prototipe ponsel ini, dan bagaimana cara mengoperasikan kamera zoom optik 10x-nya itu?

Hardware

Lantaran masih prototipe, belum diketahui seri apa yang mengusung kamera zoom optik 10x Oppo. Namun, dalam firmware yang dipasang, Oppo menulisnya dengan seri model lawas, yakni R11s.

Baca juga: Oppo Pastikan Ponsel Kamera Zoom 10x Meluncur Tahun Ini

Ponsel ini memiliki bentang layar 6,4 inci dengan spesifikasi hardware Snapdragon 660, Android 7.1.1, RAM 4GB, dan penyimpanan 64 GB.

Informasi hardware ponsel prototipe Oppo dengan kamera zoom optik 10x.KOMPAS.com/Reska K. Nistanto Informasi hardware ponsel prototipe Oppo dengan kamera zoom optik 10x.

Tombol-tombol

Seperti ponsel Oppo pada umumnya, tombol-tombol sesuai pada tempatnya, seperti tombol daya/lock screen di sisi kanan, serta tombol volume up/down di sisi kiri. Di deretan bawah terdapat soft button "Home", "Back", dan "Recent apps" standar Android.

Baca juga: Oppo Luncurkan Teknologi Kamera Zoom 10x dan Ponsel 5G

Tidak ada tombol fisik di bagian muka ponsel prototipe ini. Soal sensor sidik jari di layar juga belum bisa dipastikan.

Prototipe ponsel Oppo dengan kamera zoom optik 10xKOMPAS.com/Reska K. Nistanto Prototipe ponsel Oppo dengan kamera zoom optik 10x

Sementara itu, bagian atas ponsel memiliki desain poni (notch) yang masih tertutup casing. Dari desain casing-nya, diketahui notch pada ponsel prototipe ini serupa dengan yang tersemat pada Oppo A5 (bukan waterdrop seperti di R17 Pro).

Konfigurasi kamera

Masuk ke bahasan utama, di punggung ponsel terdapat tiga kamera yang diletakkan berderet ke bawah. Paling atas adalah kamera utama 48 megapiksel (dengan lensa kemungkinan 28 mm).

Prototipe ponsel Oppo dengan kamera zoom optik 10x, kamera belakang dengan 3 lensa, masing-masing dari atas ke bawah adalah kamera utama 48 megapiksel, kamera wide angle 120 derajat (16 mm, setara 35 mm), dan kamera ultrazoom lensa 160 mm yang belum disebutkan resolusinya.KOMPAS.com/Reska K. Nistanto Prototipe ponsel Oppo dengan kamera zoom optik 10x, kamera belakang dengan 3 lensa, masing-masing dari atas ke bawah adalah kamera utama 48 megapiksel, kamera wide angle 120 derajat (16 mm, setara 35 mm), dan kamera ultrazoom lensa 160 mm yang belum disebutkan resolusinya.
Kemudian di bawahnya ada kamera 16 megapiksel dengan lensa sudut lebar 120 derajat (16 mm), dan paling bawah dengan lensa kotak adalah kamera telephoto dengan lensa 160 mm. Belum disebut berapa resolusi kamera ini.

Untuk mengoperasikan kamera, di sisi kanan antarmuka kamera bakal dijumpai slider zoom yang disertai informasi perbesaran berapa kali. Slider zoom optik ini bisa digeser hingga angka 10x.

Baca juga: Oppo Gelontrokan Rp 21 Triliun untuk Riset Tahun Ini

Sebenarnya Oppo memberikan opsi zoom hingga 20x dalam kamera ponselnya ini, namun saat zoom lebih dari 10x, maka yang didapat adalah zoom digital, kualitas resolusi akan turun, layaknya foto yang di-crop.

Untuk melihat lebih detail prototipe ponsel kamera zoom optik 10x Oppo, kunjungi Galeri Foto KompasTekno di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com