Kompas.com - 25/02/2019, 18:24 WIB

BARCELONA, KOMPAS.com - Perkembangan jaringan internet seluler 5G dipercaya akan berpengaruh besar pada industri teknologi, salah satunya untuk video game. Format video game berbasis realitas virtual alias "Virtual Reality" (VR) diramalkan akan semakin menjamur.

"Jaringan 5G akan menjadi game changer. Bahkan jaringan ini bisa membuat sebuah 'dunia' yang baru," kata Vice President NetEase Group, Hu Ziheng, dalam acara Huawei Day Forum di Barcelona, Minggu (24/2/2019).
 
"Kecepatan jaringan 5G akan memicu banyaknya game dengan bentuk yang baru. Produsen akan lebih memilih cloud gaming, ketimbang menjual disk. Karenanya, game Virtual Reality akan semakin nyata," ia menambahkan. 
 
Pasalnya, jaringan 5G memungkinkan kecepatan streaming pada cloud gaming semakin mumpuni. Para pemain tidak perlu mengeluarkan uang besar untuk membuat atau membeli konsol dengan spesifikasi yang tinggi. 
 
 
"Dengan begitu, semua komputasi yang berat akan menggunakan cloud. Ini juga bisa memangkas cost untuk membuat atau membeli konsol. Sehingga konsol Virtual Reality yang lebih murah dan lebih bagus dimainkan akan semakin melejit," ia menuturkan
 
Selama ini, kata Ziheng, jaringan 5G masih dalam tahap penyempurnaan. Berbarengan dengan itu, para pengembang game sudah menyiapkan diri agar tak tertinggal dengan perkembangan zaman.
 
Selain mengubah industri video game dalam hal pengalaman bermain, monetisasi bisninya pun digadang-gadang bakal bergeser.
 
"Besar kemungkinan ke depannya para pecinta game hanya akan bisa membeli game secara online. Mereka akan memainkannya dengan streaming. Sehingga, pembuat konsol pun bisa memangkas biaya produksi untuk membuat perangkatnya," kata Ziheng. 
 
 
"Lagi-lagi prediksi saya, dengan kondisi seperti ini, game Virtual Reality yang grafisnya semakin nyata, akan terus mendominasi," ia memungkasi
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.