Huawei Gelar Jaringan 5G Komersial di Barcelona

Kompas.com - 26/02/2019, 09:13 WIB
Ilustrasi Huawei IstimewaIlustrasi Huawei
BARCELONA, KOMPAS.com — Huawei menggelar jaringan 5G komersial di beberapa titik di Barcelona, Spanyol, antara lain Plaza Catalunya, Paseo de Gracia, Balmes, dan Universitat.
 
Kecepatan unduhnya diklaim hingga 1,7 Gbps. Dalam sebuah demo yang dilakukan di "Huawei Day Forum", jaringan 5G Huawei terbukti mampu mengakomodasi panggilan telepon (video call) berkualitas tinggi tanpa ada buffering.
 
Huawei menggandeng operator seluler Vodafone dalam menggelar jaringan 5G komersial terbatas ini. Head of Network Strategy & Architecture Vodafone Santiago Tenorio mengatakan, jaringan 5G sudah tersedia sejak 20 Februari, bertepatan dengan pembukaan Mobile World Congress (MWC) 2019.
 
Namun, ia tak mengumbar lebih detail apakah jaringan 5G bakal tetap tersedia setelah berakhirnya ajang MWC 2019 pada 28 Februari. Yang jelas, ia optimistis pihaknya siap menghadapi era serba inovatif berkat jaringan 5G.
 
 
"Kami siap menggelar jaringan ini, apalagi ada beberapa smartphone 5G yang sekarang sudah dirilis. Ekosistemnya akan siap dalam beberapa waktu ke depan," ia berujar. 
 
Jaringan 5G ini digelar pada spektrum C-Band 80 MHz dengan menggunakan beberapa perangkat gNodeBs yang ditempatkan di BTS 4G sehingga cakupan jaringannya setara dengan yang dihasilkan perangkat eNodeBs (4G). 
 
5G sejatinya merupakan barang baru yang dipercaya akan mengubah industri teknologi secara keseluruhan. Pasalnya, jaringan 5G punya karakteristik sangat jauh berbeda dengan 4G. 
 
Jaringan 4G hanya sebatas upgrade kecepatan dari jaringan 3G. Sementara jaringan 5G adalah produk baru yang akan menciptakan sebuah ekosistem. Kecepatannya pun berkali kali lipat lebih kencang. 
 
 
5G diprediksi akan berkembang dengan cepat, bahkan pengguna jaringan 5G diprediksi akan mencapai angka 1,5 miliar pada akhir 2024.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X