Xperia 1, Ponsel Jangkung untuk "Multi-tasking"

Kompas.com - 26/02/2019, 16:13 WIB
Ilustrasi Sony Xperia 1 TheVergeIlustrasi Sony Xperia 1

KOMPAS.com - Sony Xperia 1 resmi meluncur dengan mengusung desain "jangkung". Rasio tinggi dan lebarnya 21:9, padahal standar umum saat ini di kisaran 18:9.

Desain jangkung bertujuan memudahkan pengguna melakukan banyak aktivitas sekaligus (multi-tasking) di smartphone.

Diketahui, hampir semua aplikasi ponsel saat ini formatnya tersusun vertikal (vertical lists), artinya pengguna harus menggeser ke bawah untuk melihat konten dalam aplikasi tersebut. Misalnya ketika menelusuri linimasa Instagram, membuka e-mail, dan sebagainya.

Oleh karena itu, dengan desain "jangkung" ini, Xperia 1 bisa digunakan untuk membaca atau menelusuri lebih banyak informasi dibandingkan layar yang sekadar 18:9. Apalagi, Sony juga punya fitur "Pair" untuk membuka dua aplikasi secara bersamaan.

Baca juga: Huawei Mate X Meluncur, Ponsel Layar Lipat 5G Pesaing Galaxy Fold

Pengalaman bermain game atau sekadar menonton video HDR pun dijamin lebih mantap. Pasalnya, kebanyakan film disebarkan dalam format cinematic yang lebih memanjang. Rasio 21:9 diklaim lebih apik untuk format tersebut.

Jenis layar yang digunakan Xperia 1 adalah OLED berukuran 6,5 inci dengan resolusi 4K (3.840 x 1.644 piksel) yang mendukung fitur HDR.

Pada aspek fotografi, Xperia 1 dibekali dengan tiga kamera di punggungnya dan satu kamera di bagian depannya.

Ilustrasi Xperia 1 tampilan depan dan belakangGSMArena Ilustrasi Xperia 1 tampilan depan dan belakang

Tiga kamera belakang tersebut masing-masing beresolusi 12 MP (wide sensor, bukaan f/1.6, OIS, Dual Pixel), 12 MP (telephoto sensor, bukaan f/2.4, OIS, Dual Pixel), dan 12 MP (ultra-wide sensor, f/2.4). Kamera selfie-nya beresolusi 8 megapiksel dengan bukaan f/2.0.

Performa Xperia 1 disokong chipset Snapdragon 855 serta dipadukan RAM 6 GB dan memori internal 128 GB yang bisa diperluas hingga 512 GB dengan memanfaatkan slot microSD.

Xperia 1 memiliki sensor pemindai sidik jari yang diletakkan di sisi bingkai ponsel. Baterainya berkapasitas 3.330 mAh, dengan dukungan pengisian daya cepat (fast charging) hingga 18W dan pengisian daya nirkabel (wireless charging).

Baca juga: HMD Global Rilis 3 Smartphone Nokia Rp 2 Jutaan di MWC 2019

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.