Instagram Bakal Semakin Mirip Pinterest?

Kompas.com - 26/02/2019, 17:10 WIB
Ilustrasi Instagram .Ilustrasi Instagram

KOMPAS.com - Instagram kembali dikabarkan menyontek fitur Pinterest. Dua tahun lalu, Instagram merilis fitur "Save" yang mekanismenya mirip dengan fitur "Collection" di Pinterest.

Pengguna bisa membuat moodboard dari konten-konten yang disukai. Bedanya, "Save" bersifat privat, sementara "Collection" bersifat publik.

Nah, menurut temuan Tech Crunch, ada indikasi Instagram bakal menambahkan opsi untuk membuka "Save" secara publik. Artinya, fitur ini akan benar-benar sama dengan "Collection" di Pinterest.

Berdasarkan bocoran kode aplikasi Instagram untuk Android, opsi untuk mempublikasikan "Save" di Instagram bakal dinamai "Make Collection Publik". Pengguna cukup menggeser toggle opsi itu ke kanan untuk mengaktifkannya.

Fitur Make Collection Public di Instagram yang mirip fitur Collection di Pinterest Tech Crunch Fitur Make Collection Public di Instagram yang mirip fitur Collection di Pinterest
Terdapat keterangan "Change Cover" di bawah foto, mengindikasikan bahwa pengguna bisa mengganti foto sampul koleksinya.

Baca juga: Giliran Pinterest yang Dicontek Instagram

Respons Instagram

Dilansir KompasTekno dari Tech Crunch, Senin (25/2/2019) Instagram mengaku tidak sedang menguji coba fitur ini. Jawaban yang sama dengan fitur-fitur sebelumnya, yang kepergok di file APK sebelum dirilis resmi ke publik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apabila fitur ini benar-benar akan dirilis, agaknya butuh waktu lama bagi Instagram untuk merampungkannya. Induk Instagram, Facebook juga telah mencaplok fitur serupa "Collection" Pinterest yang bisa dibagikan.

Belum diketahui bagaimana Instagram akan memaksimalkan fitur koleksi publik ini. Bisa jadi, Instgram akan memberlakukan cara yang sama seperti fitur Collection di Facebook.

Fitur Save yang mirip dengan ftur Collection di Pinterest namun diset secara privatTech Crunch Fitur Save yang mirip dengan ftur Collection di Pinterest namun diset secara privat

 

Ada kemungkinan juga bahwa Instagram akan mengijinkan pengguna untuk saling mengikuti koleksinya, sebagaimana pengguna bisa mengikuti tagar saat ini.

Hal ini akan membuka peluang baru bagi influencer sebagai kurator koleksi ketimbang kreator dari karya sendiri. Selain fitur koleksi publik, kode di Android tersebut juga mengungkapkan fitur lain yang sedang dikembangkan.

Baca juga: Galaxy S10 Punya Fitur Khusus untuk Instagram Story

Salah satunya picture-in-picture di IGTV yang memungkinkan pengguna memonton video dari IGTV sembari mengoperasikan ponsel, tanpa harus menyetop video meski keluar dari aplikasi Instagram.

Jika nantinya fitur Koleksi publik dirilis, maka akan menjadi strategi baru bagi para pelaku bisnis yang memanfaatkan Instagram untuk promosi. Mereka bisa memajang katalog produk-produk mereka, mulai dari produk baru atau produk paling laris misalnya.

CEO Facebook, mark Zuckerberg memang mengatakan akan meluncurkan banyak produk baru di Instagram untuk meningkatkan pengalaman paltform. Saat ini, Instagram telah memiliki sejumlah fitur untuk menunjang pelaku bisnis, salah satunya linimasa"Shopping" di explore yang dipersonalisasikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.