Angga Sasongko Kagumi Fitur "Super Steady" di Samsung Galaxy S10

Kompas.com - 27/02/2019, 09:12 WIB
Sutradara film Angga Dwimas Sasongko menjajal Galaxy S10 di area jembatan Golden Gate, San Francisco, Amerika Serikat. KOMPAS.com/ OIK YUSUFSutradara film Angga Dwimas Sasongko menjajal Galaxy S10 di area jembatan Golden Gate, San Francisco, Amerika Serikat.
Penulis Oik Yusuf
|

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Samsung menyertakan sejumlah fitur anyar pada trio Galaxy S10, Galaxy S10e, dan Galaxy S10 Plus yang diperkenalkan pekan lalu. Salah satunya adalah “Super Steady” yang berguna untuk meredam goyangan saat merekam video.

Fitur inilah yang membuat sutradara film Angga Dwimas Sasongko jatuh hati kepada Galaxy S10 lantaran memungkinkan perekaman video dengan mulus, meski sambil berjalan. 

Dia sempat mendemonstrasikan kebolehan Super Steady dengan mengikuti subyek. 

Dimulai dengan close up langkah kaki, lantas dengan menggerakkan ponsel secara perlahan ke arah atas sehingga menampakkan wajah. Footage video yang dihasilkan terlihat halus tanpa goyangan berarti.

“Saya paling suka fitur stabilizer ini, sudah seperti pakai alat gyro saja. Buat saya ini terobosan,” ujarnya di sela rangkaian perjalanan Galaxy Unpack 2019 di San Francisco, Amerika Serikat, pekan lalu.

Peredam goyangan elektronik

Fitur Super Steady sejatinya menstabilkan perekaman gambar dengan teknik elektronik (EIS, menggunakan software). Dari ketiga kamera di Galaxy S10 dan Galaxy S10 Plus, yang dipakai merekam video saat Super Steady diaktifkan adalah kamera ultra wide (16 megapiksel, f/2.2).

Tekniknya mirip dengan EIS di perangkat lain, seperti kamera aksi, juga warp stabilizer di aplikasi editiing video Adobe Premiere. Gambar di-crop secara digital agar sisi pinggirnya bisa “digoyangkan” untuk mengkompensasi gerakan kamera. 

Walhasil, tampilan frame (dari kamera ultra-wide) saat Super Steady diaktifkan pun tampak tidak selebar aslinya (123 derajat), melainkan di-crop sehingga hanya menampilkan bagian tengah.

Fitur Super Steady pun tidak bisa diaplikasikan dengan dua kamera lainnya di Galaxy S10 dan Galaxy S10 Plus, yakni kamera wide (12 megapiksel f/1.5 atau f/2.4) dan short telephoto (12 megapiksel, f/2.4).

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X