Ditanya Apakah Kaya Membuat Bahagia, Begini Jawaban Bill Gates

Kompas.com - 27/02/2019, 20:32 WIB
Bill Gates, pendiri Microsoft Business InsiderBill Gates, pendiri Microsoft
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Bebarapa waktu lalu, mantan bos Microsoft, Bill Gates, menggelar sesi AMA (Ask Me Anything) di forum online Reddit.

Pada sesi tersebut, Gates diserbu beberapa pertanyaan dari para pengguna Reddit, mulai dari topik edukasi, kesehatan, perubahan iklim, hingga tontonan favoritnya di layanan streaming film, Netflix.

Namun, ada sebuah pertanyaan menarik yang dilirik oleh Gates dan dijawab olehnya dengan percaya diri.

"Apakah menjadi orang kaya telah membuat Anda bahagia daripada Anda menjadi orang kelas menengah?" tanya salah satu pengguna Reddit bernama DanielAyon.

Baca juga: Sebelum Jadi Miliarder, Apa Cita-cita "Asli" Bill Gates?

"Ya, karena saya tidak perlu khawatir memikirkan masalah biaya kesehatan atau pendidikan," Gates pun menjawab.

Dia menambahkan bahwa menjadi orang kaya memang membuatnya senang. Sebab, menurut dia, membebaskan pikiran dari masalah finansial dan biaya hidup adalah sebuah nikmat yang harus disyukuri.

Namun, Gates menjelaskan lebih lanjut, untuk mencapai suatu tingkat kebahagiaan, seseorang tak mesti memiliki uang miliaran dollar AS atau menjadi kaya raya.

Hanya saja, menurut dia, berbagai sarana penunjang kehidupan, seperti pendidikan dan kesehatan, harus ditekan harganya seminimal mungkin agar bisa dinikmati dan dijangkau orang banyak.

Bukan uang semata

Gates menyebutkan bahwa sumber kebahagiaan bukanlah berasal dari uang semata. Lalu, apa lagi yang bisa membuat seorang miliarder sekelas Bill Gates bahagia?

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X