Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditanya Apakah Kaya Membuat Bahagia, Begini Jawaban Bill Gates

Kompas.com - 27/02/2019, 20:32 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bebarapa waktu lalu, mantan bos Microsoft, Bill Gates, menggelar sesi AMA (Ask Me Anything) di forum online Reddit.

Pada sesi tersebut, Gates diserbu beberapa pertanyaan dari para pengguna Reddit, mulai dari topik edukasi, kesehatan, perubahan iklim, hingga tontonan favoritnya di layanan streaming film, Netflix.

Namun, ada sebuah pertanyaan menarik yang dilirik oleh Gates dan dijawab olehnya dengan percaya diri.

"Apakah menjadi orang kaya telah membuat Anda bahagia daripada Anda menjadi orang kelas menengah?" tanya salah satu pengguna Reddit bernama DanielAyon.

Baca juga: Sebelum Jadi Miliarder, Apa Cita-cita "Asli" Bill Gates?

"Ya, karena saya tidak perlu khawatir memikirkan masalah biaya kesehatan atau pendidikan," Gates pun menjawab.

Dia menambahkan bahwa menjadi orang kaya memang membuatnya senang. Sebab, menurut dia, membebaskan pikiran dari masalah finansial dan biaya hidup adalah sebuah nikmat yang harus disyukuri.

Namun, Gates menjelaskan lebih lanjut, untuk mencapai suatu tingkat kebahagiaan, seseorang tak mesti memiliki uang miliaran dollar AS atau menjadi kaya raya.

Hanya saja, menurut dia, berbagai sarana penunjang kehidupan, seperti pendidikan dan kesehatan, harus ditekan harganya seminimal mungkin agar bisa dinikmati dan dijangkau orang banyak.

Bukan uang semata

Gates menyebutkan bahwa sumber kebahagiaan bukanlah berasal dari uang semata. Lalu, apa lagi yang bisa membuat seorang miliarder sekelas Bill Gates bahagia?

Ternyata hal-hal sederhana, seperti melihat anak yang berhasil melakukan sesuatu.

"Beberapa orang bilang bahwa rasanya senang sekali ketika anak berhasil. Sebagai orang tua, saya sangat setuju," ujar Gates.

Pemicu kebahagiaan lainnya menurut Gates adalah memenuhi komitmen terhadap diri sendiri. Misalnya, berkomitmen untuk sesuatu yang ingin dicapai, seperti target olahraga dan sebagainya.

Menurut Gates, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari BusinessInsider, Rabu (27/2/2019) pemenuhan komitmen juga dapat membuat seseorang meraih kebahagiaan di dalam hidupnya.

Baca juga: Bill Gates Lunasi Utang Nigeria ke Jepang Rp 950 Miliar

Pertanyaan seputar kebahagiaan dan kaitannya dengan kekayaan memang banyak ditanya oleh beberapa pengguna Reddit di sesi AMA Bill Gates. Sebab, baru-baru ini beredar beberapa riset yang menyebut bahwa kebahagian bisa dibeli dengan uang.

Salah satu riset yang dilakukan oleh jurnal Nature Human Behaviour pada 2018 lalu, misalnya, mengatakan bahwa puncak kepuasan hidup bakal tercapai jika penghasilan individu mencapai 95.000 dollar AS per tahunnya.

Sedangkan, kesejahteraan emosional bisa terpenuhi jika penghasilan individu bertengger di kisaran 60.000 dollar AS hingga 75.000 dollar AS per tahunnya. 

Angka-angka di atas berlaku secara global, namun terdapat variasi antara penduduk di wilayah dunia berbeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com