Membandingkan Ponsel Lipat Galaxy Fold dan Huawei Mate X

Kompas.com - 28/02/2019, 14:32 WIB
Ponsel lipat Hauwei X (kiri) dan Galaxy Fold (kanan)Andrew Hoyle/Cnet; Reza Wahyudi/Kompas.com Ponsel lipat Hauwei X (kiri) dan Galaxy Fold (kanan)

KOMPAS.com - Setelah dimatangkan selama bertahun-tahun, Samsung akhirnya merilis ponsel layar lipat pertamanya, " Galaxy Fold", pada 20 Februari lalu dalam acara "Galaxy Unpacked", di San Francisco, Amerika Serikat.

Samsung bukanlah satu-satunya vendor smartphone yang berambisi membuat ponsel layar lipat. Ada beberapa pabrikan lain yang sesumbar akan membuat ponsel lipat.
Di antaranya adalah Xiaomi, Oppo, dan Huawei.

Nama terakhir tak dinyana menjadi pesaing berat Samsung dalam ketegori perangkat anyar ini. Hanya selang empat hari perilisan Galaxy Fold, Huawei mendeklarasikan "perang" dengan meluncurkan Huawei Mate X, ponsel layar lipat pertamanya.

Baca juga: Galaxy Fold Resmi Meluncur, Ponsel Layar Lipat Pertama Samsung

Huawei Mate X diresmikan di hari pertama ajang Mobile World Congress (MWC) 2018, Minggu (24/2/2019) yang berlangsung di Barcelona, Spanyol.

"Butuh waktu tiga tahun untuk meneliti dan mempersiapkan Huawei Mate X. Ada lebih dari 100 paten yang ada pada ponsel ini," kata CEO Huawei Consumer Business Group, Richard Yu, di atas panggung acara peluncuran.

Persaingan ponsel lipat ini agak menarik karena dibumbui persaingan sengit kedua vendor di industri smartphone.

Diketahui, Huawei yang kini merupakan pabrikan smartphone kedua terbesar sangat berambisi untuk melengserkan Samsung dari posisi pertama. 

Kendati sama-sama merupakan ponsel lipat. Ada sejumlah perbedaan di antara Galaxy Fold dan Huawei Mate X. Apa saja?

Beda lipatan

Kedua pabrikan mengusung konsep layar lipat yang berbeda. Secara sederhana, Galaxy Fold dilipat ke arah dalam, menyebabkan layar saling bertemu Sementara Huawei Mate X dilipat ke arah luar yang membuat layar meregang saat ditekuk.

Keduanya memang sama-sama dilipat secara vertikal, tapi Galaxy Fold memiliki dua layar, yakni layar dalam yang membentang 7,3 inci saat berada dalam mode tablet, serta layar kedua yang berukuran lebih kecil, 4,6 inci.

Samsung Galaxy Fold resmi meluncur di ajang Galaxy Unpacked 2019, San Francisco, Amerika Serikat.Kompas.com/Oik Yusuf Samsung Galaxy Fold resmi meluncur di ajang Galaxy Unpacked 2019, San Francisco, Amerika Serikat.

Layar kedua di Galaxy Fold ini berfungsi sebagai display ponsel saat dalam keadaan terlipat. 

Di sisi lain, Huawei Mate X hanya memilik satu buah layar di luar seluas 8 inci saat dalam mode tablet. Saat dilipat, diagonal layar tersebut menyusut menjadi 6,6 inci untuk bagian depan dan 6,38 inci di bagian belakang.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X