Sandisk dan Micron Kompak Rilis MicroSD 1 TB

Kompas.com - 28/02/2019, 15:21 WIB
Ilustrasi kartu microSD Sandisk 1TB TheVergeIlustrasi kartu microSD Sandisk 1TB
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Panggung MWC menjadi momentum bagi para vendor untuk meluncurkan ponsel baru dengan teknologi terbaru serta aksesoris pendukungnya, termasuk kartu microSD.

Dalam ajang tersebut, dua perusahaan komponen memori, Micron dan Sandisk, meluncurkan kartu memori berkapasitas jumbo.

Kedua pabrikan merilis kartu microSD berkapasitas 1 terabyte (1.000 GB). Micron merilis kartu microSD dari seri C, sementara Sandisk meluncurkan seri Sandisk Extreme.

Untuk Sandisk, kartu microSD Sandisk Extreme juga tersedia juga tersedia dalam varian 512 GB. Tak disebutkan apakah Micron juga memiliki kartu microSD dengan varian 512 GB atau tidak.

Baca juga: SanDisk Perkenalkan "SD Card" Terbesar Berkapasitas 1 TB

Dari segi kemampuan, kartu microSD dari Micron, yaitu Micron C200 microSDXC UHS-I, memiliki rating kecepatan baca maksimum hingga 100 MB per detik dan kecepatan tulis maksimum hingga 95 MB per detik.

Berbeda dengan kartu microSD dari Micron, kartu memori seri Sandisk Extreme dari Sandisk (termasuk versi 512 GB) memiliki rating kecepatan baca maksimum lebih cepat, yakni 160 MB per detik.

Meski begitu, rating kecepatan tulis kartu microSD dari Sandisk ini lebih sedikit, yakni 90 MB per detik.

Pada aspek harga, peminat kartu memori ini agaknya harus mengeluarkan uang yang bisa dibilang tak sedikit.

Pasalnya, kartu microSD Sandisk Extreme dibanderol dengan harga 449,99 dollar AS atau setara Rp 6,3 juta untuk kapasitas 1TB dan 199,99 dollar AS atau sekitar Rp 2,8 juta untuk varian 512 GB.

Baca juga: Kartu Memori MicroSD 512 GB Samsung Dijual Seharga Smartphone

Kartu microSD Sandisk Extreme dengan varian 512 GB dan 1 TB sudah bisa dipesan melalui situs resmi Sandisk.com dan bakal melenggang di beberapa toko retail offline pada bulan April mendatang.

Sementara itu, belum diketahui banderol harga untuk kartu microSD dari Micron.

Namun pihak Micron berjanji bahwa harga akan disesuaikan dengan harga pasar, agar lebih kompetitif ketika meluncur nanti di kuartal kedua tahun ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Kamis (28/2/2019).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber The Verge
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X